Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO Blog

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO Blog



Pasti kamu blogger pemula bingung ketika akan memulai membuat blog ingin pilih domain yang bagus seperti apa.? tapi tahukah kamu Ekstensi Domain sangat berpengaruh pada SEO blog untuk itu jangan asal pilih nama domain.

kenapa hal ini bisa terjadi karena ada banyak alasan pengaruh ekstensi domain terhadap SEO itu sangat besar, semuanya akan kita bahas secara mendalam disini. untuk itu bagi kamu blogger pemula yang baru belajar ada baiknya baca artikel kami di bawah ini.


Baca Juga : Tips Optimasi Seo Untuk Blogger Pemula


perlu diketahui juga ekstensi domain memiliki suatu tujuan masing masing, ada yang melambangkan domain itu seperti merek local id dan ada juga yang melambangkan domain seperti komunitas atau biasa digunakan .org

namun kebanyakan orang tidak mengetahui fungsi dan pengertian domain yang mereka pakai. akan tetapi pada umumnya domain .com yang sering dipakai. karena domain yang berlabel .com memiliki nilai ekstensti tersendiri.


Pengaruh Ekstensi Domain untuk Performa SEO Website


mungkin banyak dari pakar SEO yang mengatakan bahwa ekstensi domain tidak terlalu berpengaruh terhadap SEO blog dan juga tidak perlu menggunakan domain yang serba mahal.

tapi hal ini sangat berbeda ketika kamu blogger pemula yang sedang merintis dari awal dan belum mengetahui lika liku dunia blogger.

karena faktanya dilapangan akan berbicara lain, berikut ini sudah saya sajikan sebuah alasan atau penyebab kenapa Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO untuk sangat penting untuk kamu pelajari dan pahami.


Meningkatkan Branding


Pastinya kamu sudah mengenal setiap ekstensi domain setiap domain memiliki keunikan seperti contohnya domain .go.id yang mengambarkan website pemerintah dan juga ac.id yang mengambarkan website perguruan tinggi.

dengan begitu domain juga bisa dikatakan sebagai pengenal handal yang wajib untuk dipasang pada blog yang ingin di bangun. 

blog yang bagus adalah blog yang menggunakan domain selain sebagai SEO blog yang memiliki ekstensi domain juga bisa meningkatkan Branding pada blog tersebut. 


Mempengaruhi Click Through Ratio (CTR)


Ekstensi domain yang tepat akan mempengaruhi CTR dimana contohnya jika kamu ingin belajar seo pasti akan lebih memilih domain jurnalseo.com dari pada memilih jurnalseo. surf dan kenapa demikian.

penyebabnya kebanyakan orang akan asing mendengar atau melihat domain .surf dan memilih domain .com.

dengan banyaknya orang yang percaya dan mengklik domain ekstensi .com seperti halnya jurnalseo.com maka akan mempengaruhi nilai ctr pada google dengan begitu google akan melihat blog tersebut bagus dan menampilkan nya di pencarian teratas.


Hasil Pencarian Lokal pada SERP


untuk melihat Pengaruh Ekstensi Domain yang cepat terlihat dan SEO dengan menggunakan domain lokal seperti domain yang menggunakan kode negara contohnya domain .id yang melambangkan domain tersebut berasal dari indonesia, sedangkan domain .in adalah domain yang melambangkan asal negara india.

dengan begitu google akan merayapi domain tersebut sesuai dengan negara masing-masing dan menempatkan peringkat sesuai dengan negara yang ada pada ekstensi domain tersebut.

jadi pengguna dengan ekstensi domain local tidak perlu repot untuk bersaing dengan ekstensi domain lainya karena sudah tertarget sesuai negara. sehingga peluang untuk mendapatkan traffic dan peringkat di google semakin besar.


Mempengaruhi Website Agility


saat ini google juga sudah menggunakan sistem pencarian terbaru yang tentunya bagi kamu para blogger pemula untuk mendapatkan traffic juga perlu mengetahui cara SEO blog yang satu ini.

dimana sistem pencarian terbaru google yaitu sistem penelusuran melalui kode suara yang kamu wajib menyebutkan keinginan kamu dengan cara menyebutkan sesuatu pada mesin telusur google.

untuk itu perlu nama domain yang singkat dan mudah disebutkan, jika kamu memiliki domain yang ekstensinya sulit seperti jurnalseo. zw maka akan susah bukan bila disebutkan dengan suara  dibandingkan dengan menyebutkan jurnalseo.com.

nah karena itu domain yang memiliki ekstensi mudah di ingat dan disebutkan sangat berpengaruh terhadap seo dan juga dapat mengikuti perkembangan zaman.


Apakah Pengaruh Ekstensi Domain .COM Terhadap SEO Lebih Baik?


walaupun domain ekstensi .com mudah di ingat namun dari hasil analisis saya ternyata domain .com memang bagus untuk SEO dan menningkatkan branding. tapi perlu diketahui juga tidak semua domain .com itu mempengaruhi SEO hanya beberapa persen saja dari teknik SEO.

untuk itu jika kamu pemula menggunakan domain lain pun bisa asal mengerti teknik SEO yang benar dan juga mau terus belajar.


Kesimpulan


semua blog yang memiliki ekstensi domain memang akan sangat bagus terhadap SEO tetapi itu semua belum mencukupi untuk teknik SEO secara full. di dalam SEO ada banyak sekali yang harus dilakukan untuk meningkatkan traffic. untuk itu baca artikel kami di bawah ini.


Baca Juga : Cara meningkatkan traffic blog dari Pinterest
Next Post Previous Post