Cara Membuat Artikel SEO Friendly untuk Pemula

Cara Membuat Artikel SEO Friendly



semua orang pasti bisa menulis artikel, namun artikel yang bisa menduduki posisi teratas google dan ramah mesin pencari tentu membutuhkan teknik yang handal juga perlu pemahaman mendalam tentang penulisan artikel SEO friendly.

Artikel SEO friendly maksudnya artikel yang ramah dan disukai mesin pencari yang artinya artikel tersebut sesuai dengan kaidah penulisan pada mesin telusur google. dengan menulis sesuai mesin pencarian google maka google akan menampilkan artikel tersebut di halaman utama.

kali ini saya akan membagikan tips membuat artikel Seo friendly untuk blogger pemula, yang nantinya bisa di praktekan langsung dan juga cara ini sangat jitu untuk yang baru memulai dunia penulisan. namun sebelum membaca lebih jauh ada baiknya. baca artikel kami dibawah ini.


Baca Juga : Tips Optimasi SEO untuk Blogger Pemula


saya sudah merangkum sebuah cara ternyata cara di bawah ini sangat tepat untuk membuat artikel yang SEO friendly dan mendapatkan banyak pengunjung blog. untuk itu silakan ikuti tips menulis SEO di bawah ini.


Gunakan Kata Kunci yang Tepat


yang pertaman harus dilakukan dalam SEO yaitu riset kata kunci yang tepat atau kata kunci yang banyak dikunjungi. dan juga mencari kata kunci dengan kompetitor sedikit. kamu bisa meriset kata kunci melalui google planer dan juga ubersugest.

kata kunci yang baik yaitu dengan jumlah pengunjung perhari 1000 dan jumlah kompetitor minimal 30 artikel yang dibuat.

nah cara ini mungkin agak terkesan rumit oleh blogger pemula. tapi lebih jelasnya seperti ini yang harus kamu lakukan tentukan kata kunci melalui ubersugest lihat berapa pengunjung perharinya jika di atas 1000 maka kata kunci tersebut cocok untuk digunakan dalam artikel.

dan selanjutnya kamu harus menentukan kompetitor melalui dork google dengan mengklik allintitle:katakunci di penelusuran jika kata kunci tersebut banyak kompetitor nya atau di atas 100 kompetitor dengan media besar maka kamu tinggalkan kata kunci tersebut. jika dibawahnya kamu pasti mendapatkan kata kunci golden keyword.

golden keyword merupakan kata kunci emas yang bisa mendapatkan traffic banyak dan menguntungkan bagi artikel SEO Friendly.


Pahami Intent Pengguna


Jika sudah mendapatkan kata kunci golden keyword maka yang harus dilakukan selanjutnya yaitu memahami intent pengguna. dalam menulis artikel tentunya harus memperhatikan intent pengguna karena salah satu faktor SEO friendly yaitu google search intent.

google search intent bisa dilihat melalui topik pada penentuan keyword, contohnya jika kamu menetapkan kata kunci "baju murah di jakarta" pada google searh dan kebanyakan artikel yang muncul tentang merek maka itu adalah intent atau pencarian yang banyak di cari.

jadi usahakan kamu juga harus membuat artikel yang berkaitan dengan merek tersebut dengan demikian google akan mengangkat artikel yang dibuat tadi sesuai dengan algoritma yang ada dan menjadikan nya artikel page one.


Ambil Sudut Pandang yang Unik


Perlu diperhatikan juga jika ingin membuat artikel yang SEO friendly bagi blogger pemula juga harus memiliki sudut pandang yang unik atau imajinasi yang banyak. jangan sampai menulis sama persis dengan artikel lain karena itu akan di angap google sebagai artikel yang low value content atau bernilai rendah.

artikel yang bagus adalah artikel yang mempunyai kualitas keunikan atau tidak pernah di bahas di artikel manapun seperti artikel jurnalseo.com ini yang hampir memiliki sudut pandang tersendiri.

namun walaupun memiliki sudut pandang yang unik dan berbeda tetapi harus memperhatikan intent google atau pencarian yang memang di cari oleh orang, jangan sampai apa yang ditulis berbeda jauh dengan kata kunci yang sudah ditarget.


Perhatikan Struktur Artikel


jika tadi sudah menentukan sudut pandang yang unik maka kali ini teknik SEO friendly yang benar yaitu menulis sesuai struktur artikel agar mudah dimengerti oleh pembaca, hal yang harus diperhatikan adalah judul kemudian isi dan kalimat penutup.

gunakan judul yang menarik dan membuat orang penasaran serta tempatkan kata kunci pada judul karena orang pasti akan mencari kata kunci sesuai judul, akan sangat sulit untuk page one jika kata kunci tidak diletakkan di judul.

unuk bagian isi gunakan kalimat yang mudah dimengerti dan jelas kalimat yang mudah dimengerti dan jelas akan mempermudah orang memahami isi artikel tersebut, serta jangan sampai artikel panjang teatapi bertele - tele ada baiknya jelas singkat dan tepat.

kalimat penutup isi dengan kesimpulan dari artikel yang ditulis usahkan rangkuman dan saran yang menarik dari keseluruhan artikel yang ditulis. dengan begitu artikel tersebut sebagai artikel yang mempunyai nilai dimata mesin pencarian google.


Perhatikan Bagian Pembuka


untuk membuat artikel SEO selanjutnya yaitu membuat bagian pembuka yang menarik dan juga penuh dengan kata kunci tertarget. dengan demikian pembaca tidak akan mudah beralih ke artikel lainya

yang harus kamu lakukan pada paragraf utama yaitu dengan memancing perhatian pembaca dengan kalimat pertanyaan yang sesuai dengan kata kunci mereka cari.

Untuk paragraf kedua isi dengan peristiwa yang mereka hadapi atau masalah mengapa mereka mencari artikel yang kamu tulis dengan begitu akan memberikan sedikit pemahaman mendalam terhadap apa yang mereka cari.

sedangkan untuk paragraf ketiga kamu harus dapat memberikan sebuah solusi yang bisa mereka mengerti jangan sampai memberikan solusi yang susah untuk mereka terpakan.

dan yang untuk paragraf ke empat berilah langkah langkah yang bisa mereka kerjakan dengan begitu dapat diterapkan di praktekan secara langsung.


Uraikan Menjadi Paragraf Singkat


langkah selanutnya yakni teknik agar pembaca mudah memahami setiap paragraf dari artikel yang ditulis yaitu dengan membuat artikel berfola f yang maksudnya setiap paragraf singkat tepat, padat dan jelas.

artike yang mempunyai ketepatan yang singkat dan jelas akan membuat pembaca tidak muda bosan dan bisa memahami secara keseluruhan.


Gunakan Teknik Piramida Terbalik


teknik piramida terbalik biasanya adalah teknik yang selalu dipakai oleh semua media besar di indonesia. teknik  ini menyajikan informasi di awal kalimat dan selanjutnya informasi detail yang kemudian pada akhir kalimat diberikan informasi tambahan.

teknik ini tidak cocok untuk artikel tutorial hanya cocok untuk artikel berita karena biasanya tutorial itu lebih komplek dalam memberikan informasi dan terstruktur dalam tulisannya agar pembaca dapat mempraktekan apa yang di tulis.

ada baiknya jika kamu blogger pemula yang ingin menerapkan seo friendly untuk membuat artikel tutorial namun jika kamu ingin membuat artikel berita silakan coba teknik seo friendly piramida terbalik ini.


Tulis Artikel yang Berfokus ke Satu Topik


untuk artikel yang SEO friendly ada baiknya ditulis dengan satu topik tidak mencampurkan dengan topik lainya, seperti contoh kamu ingin membuat artikel tentang "makanan kucing" maka kamu harus fokus pada makanan kucing tersebut.

tidak mencampurkan dengan artikel tutorial "memandikan kucing" jika kamu ingin membuat artikel tentang memandikan kucing maka buatlah artikel tersendiri yang berhubungan dengan memandikan kucing.

artikel yang berfokus pada satu topik akan di crawl oleh google sebagai artikel terpercaya dan juga relevan dengan penulisan SEO google untuk itu silakan di coba ya.


Sebar Kata Kunci Sewajarnya


untuk praktek seo friendly yakni sebar kata kunci yang wajar, jangan sampai membuat kata kunci berlebihan kata kunci yang berlebihan yakni kata kunci stuffing atau semua kata kunci diletakan di paragraf.

hal ini di angap spam oleh google untuk itu penulisan SEO friendly yang benar adalah kata kunci seadanya tetapi tetap tertarget tidak asal menyebar kata kunci.

untuk penulisan seo yang benar seperti penulisan kata kunci yang ada di jurnalseo.com ini yang sesuai dengan penulisan seo friendly google. untuk itu bagi blogger pemula perbanyak belajar di jurnal seo.


Perbanyak Memakai Kata Sambung


ada yang bilang kata sambung adalah kata yang tidak penting di dalam dunia SEO namun nyatanya kata sambung ini sangat penting selain dapat menambah jumlah kata kata sambung juga digunakan penulis untuk mempermudah pembaca dalam memahami setiap kata.

untul itu blogger pemula yang memang tidak mengerti tentang dunia penulisan SEO ada baiknya menulis dan memahami tentang kata sambung agar nantinya mudah untuk di praktekan di dalam tulisan atau artikel yang SEO friendly

namun perlu juga di ingat walaupun di perbanyak kata sambung ada baiknya kata tersebut tidak secara berlebihan karena nanti akan di angap spam oleh google jadi usahakan secukupnya saja.


Sisipkan Internal Link dan External Link


internal link atau link yang mengarah ke artikel lain namun tetap pada satu blog, internal link bagus digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke artikel lain yang topik nya hampir sama dengan topik yang di bahas tetapi berbeda pandangan.

selain untuk mengarahkan pengunjung ke artikel lain ternyata internal link cocok juga dan bagus untuk backlink keyword yang nantinya bisa page one. untuk pembahasan backlink akan di bahas di akhir tulisan ini.

selanjutnya kamu juga bisa menerapkan ekternal link pada seo artikel friendly  eksternal link maksudnya kamu mengutip dan menambahkan artikel orang lain dari blog lain ke artikel yang sedang ditulis.

ekternal link memberikan kesan pada google bahwa tulisan kamu bukan hanya sekedar karangan biasa namun dengan eksternal link berarti kamu sudah mempunyai rujukan tulisan terpercaya.

untuk itu dalam penggunaan seo friendly yang baik ada baiknya kamu gunakan kedua nya internal link dan external link.


Tambahkan Konten Visual


konten visual yang dimaksud adalah artikel yang memiliki baik itu gambar, video ataupun desain yang mudah dimengerti oleh pembaca dengan begitu pembaca akan mudah betah untuk berlama lama di konten seo friendly tersebut

gunakan gambar yang unik serta menarik perhatian dan padukan dengan warna yang cocok dengan blog jangan lupa video juga penting dimasukan karena saat ini orang akan  lebih suka menonton video dibandingkan membaca.

konten visual ada banyak jenis nya ada baiknya kamu masukan semua jenis konten visual yang ada dan tentu itu akan disukai oleh google.


Optimasi Gambar


untuk langkah selanjutnya adalah optimasi gambar yang dilakaukan dalam optimasi gambar sebenarnya tidak banyak namun dampak dari optimasi gambar ini sangat besar terhadap seo friendly dari konten yang dibuat.

hal yang harus di optimasi pada gambar adalah memasukan judul pada gambar atau alt gambar kemudian membuat kata kunci yang ada pada gambar, karena saat ini google juga memiliki mesin telusur cangih yang bisa mendeteksi kata kunci di dalam gambar.

selain judul dan kata kunci usahakan semua yang ada pada gambar di edit pada bagian profilnya seperti pembuat dan juga copyright karena apapun itu google lebih menyukai product buatan sendiri.

untuk itu dalam optimasi gambar lakukan hal di atas agar seo friendly pada artikel bisa mendapatkan traffic yang banyak bukan dari artikel saja namun bisa juga dihasilkan dari traffic gambar.


Gunakan Heading


hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunakan heading atau subheading biasanya dimulai dari h1,h2,h3 sampai h6 yang menunjukan artikel kamu memiliki struktur seo jelas dibandingkan dengan tidak memakai heading.

artikel yang memakai heading akan memiliki kesan rapi oleh pembaca dan juga akan dinilai oleh mesin telusur google memiliki kualitas konten yang menarik serta dapat dipercaya.

untuk itu kamu perlu membuat artikel yang memiliki struktur seperti artikel yang sedang kamu baca ini jurnalseo memiliki struktur penulisan terbaik.


Usahakan Panjang Artikel Optimal


artikel yang panjang juga mempengaruhi seo friendly untuk blog karena biasanya artikel yang panjang tentu akan memuat tulisan lengkap serta kata kunci yang banyak pula. 

untuk penulisan artikel ada yang mengatakan 500 kata sampai 800 kata namun sebenarnya untuk seo friendly adalah 2000 kata ke atas seperti konten yang saya buat ini. artikel yang saya buat ini hampir lebih dari 2000 kata dan tentu masuk dalam  page one.

saya membagikan pengalaman menulis sesuai standar seo google untuk itu bagi kamu blogger pemula yang baru belajar seo ada baiknya ikuti cara penulisan jurnalseo yang memiliki artikel panjang agar page one.


Perhatikan Komponen Teknis Blog


di dalam komponen teknis blog ada yang namanya tiga serangkai teknis penting yang bisa kamu terapkan dalam artikel seo friendly hal penting yaitu title tag atau judul, permalink dan juga meta deskripsi.

title tag atau judul ini usahakan  kamu memuat dengan kata kunci yang tepat dan juga memiliki panjang maksimal 60 karakter untuk membuat artikel yang seo friendly dan juga disukai banyak orang.

kemudian permalink atau link yang merupakan kode atau link identitas dari artikel tersebut biasanya di ambil dari judul namun bisa di edit sesuai dengan kebutuhan, maka gunakanlah permalink yang tidak lebih dari 5 kalimat sesuai dengan kata kunci.

dan yang terakhir meta deskripsi. disini kamu usahakan isi meta deskripsi sesuai dengan apa yang dicari oleh target kata kunci dengan  demikian orang yang membaca sekilas akan tertarik dan mau mengklik artikel yang kamu buat.

 

Manfaatkan Plugin SEO


saat ini jika kamu menggunakan wordpres ada banyak sekali plugin seo yang bisa membantu kamu dalam menulis artikel seo friendly seperti yoas seo dan plugin lainya. namun plugin ini biasa berbayar tetapi kamu juga bisa mendapatkan gratis.

plugin seo ini membantu mempermudah agar kamu bisa menulis sesuai dengan standar penulisan artikel seo friendly pada google dengan menulis dengan bantuan plugin artikel seo kamu tidak akan pusing dalam memulai menulis artikel seo.

ada banyak plugin yang bisa kamu gunakan tetapi belajarlah dari plugin yang mudah dimengerti kerjakan satu persatu agar mudah mendapatkan hasil yang maksimal.


Pastikan Tak Ada Kesalahan Penulisan


usahakan tidak ada kesalahan atau typo penulisan pada artikel yang kamu buat karena biasanya artikel yang ditulis panjang pasti akan ada sedikit kesalahan dalam penulisan seperti typo dan lainya.

kamu bisa mencari dan memperbaiki typo penulisan melalui perbaikan typo yang ada pada word kamu

untuk itu jangan khawatir karna ada jalan menuju roma untuk bisa mendapatkan traffic yang banyak dan juga artikel seo friendly. lakukan dengan semangat dan jangan mudah menyerah di dalam setiap apapun.


Konsisten Menerbitkan Artikel


selanjutnya kamu perlu konsisten dalam menulis artikel karena blog yang bagus adalah blog yang selalu update dengan tulisan nya. blog yang selalu memposting dan menerbitkan artikel akan dinilai google sebagai blog yang memiliki integritas tinggi dalam menulis.

selain penilaian google, blog yang konsisten juga akan membuat pengunjung selalu memiliki informasi terbaru dan akan selalu berkunjung ke blog tersebut.

untuk itu kamu perlu selalu membuat artikel jika tidak ingin pengunjung blog kamu berkurang dan selalu ingin mendapatkan traffic yang banyak maka buatlah artikel rutin.


Jangan Lupa Promosikan Artikel


promosikan artikel ini bertujuan supaya blog tersebut semakin banyak dilirik oleh orang lain dan mesin, untuk itu promosikan selalu artikel kamu bisa itu melalui facebook, telegram, whatsaap dan instagram.

dengan begitu kamu juga bisa mendapatkan traffic dari media sosial tersebut dan juga tentu aka mendapatkan pundi - pundi yang banyak.


Backlink


terakhir dari tulisan ini yaitu kamu wajib backlink artikel seo friendly yang sudah kamu buat, ini bertujuan agar artikel tersebut tidak mudah di geser kebawah oleh artikel lain. backlink dengan blog yang memiliki traffic tinggi ataupun blog yang memiliki nilai tinggi.

kamu bisa mencoba backlink pada guestpost melalui media besar seperti medium, kompasiana, detik dan media lainya yang bisa membuat artikel seo friendly tersebut terlihat profesional di mesin pencarian google.


Kesimpulan


cara di atas memang sulit bagi blogger pemula namun jika kamu ingin artikel seo friendly yang ramah di mesin pencarian google maka sebaiknya lakukan cara di atas satu persatu, mungkin hasil terlihat pada minggu ketiga setelah semuanya dilakukan.


Baca Juga : Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO Blog

Next Post