Bisakah Pinterest Mempengaruhi Nilai SEO Anda?

Bisakah Pinterest Mempengaruhi Nilai SEO Anda? 
 
 
Bisakah Pinterest memberikan nilai pada strategi pemasaran SEO bisnis? Jawaban singkatnya adalah mutlak, jika Anda menggunakannya dengan benar. Ini adalah Pinterest yang sama yang digunakan banyak orang untuk menemukan resep hebat, ide dekorasi lucu, dan kerajinan tangan. Anda mungkin merasa ini sulit dipercaya, tetapi Pinterest memang bisa menjadi sumber yang berguna untuk mempromosikan bisnis Anda secara online.

 

Apakah Pinterest Bagus Untuk SEO?

 

Pinterest dapat menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda karena beberapa alasan. Pertama, Pinterest menarik sejumlah besar lalu lintas internet. 


Pinterest adalah situs tercepat dalam sejarah yang mencapai 10 juta pengunjung unik setiap bulan dan metrik keterlibatan pengguna yang tinggi. Dengan 454 juta pengguna aktif, Pinterest dari 2016 hingga 2021 telah mempertahankan pengguna dan tetap populer. 


Mereka melakukan ini dengan konten mereka yang sederhana dan menarik secara visual. Alasan besar lainnya untuk menggunakan Pinterest adalah tingkat konversinya yang tinggi.

 

Dengan kata lain, dibandingkan dengan pengguna di situs web lain, orang yang menggunakan Pinterest lebih cenderung keluar dan membeli sesuatu yang mereka lihat di Pinterest. 


Situs web ini menawarkan tingkat konversi 50% lebih tinggi daripada jejaring sosial lainnya. Selain tingkat konversi yang tinggi, pengguna Pinterest biasanya menghabiskan lebih banyak uang untuk pembelian tersebut daripada pengguna di situs web media sosial lainnya. 


Akhirnya, Pinterest membuat tambahan yang bagus untuk strategi SEO karena memungkinkan pemilik bisnis untuk secara khusus menargetkan produk. Dengan Facebook, Instagram, dan Twitter, pengguna mengikuti merek dan orang, tetapi Pinterest memungkinkan penggunanya untuk mengikuti produk yang paling mereka minati. 


Alih-alih menerima posting dan tweet Facebook yang tidak relevan atau tidak menarik karena mereka mengikuti bisnis, pengguna memasang pin dan kembali ke barang yang ingin mereka buat atau beli. 

 

Pinterest dan SEO Bekerja Bersama

 

Media sosial dapat membantu SEO, dan Pinterest tidak berbeda. Saat Anda adalah pengguna Pinterest, Anda dapat menyimpan atau "menyematkan" gambar apa pun yang Anda temukan secara online atau tambahkan ke akun Anda. 


Anda membuat papan yang berbeda dan mengategorikan koleksi dengan topik dan koleksi yang Anda minati. Sebagian besar gambar, saat disematkan, ditautkan ke situs web asalnya. Itulah mengapa Pinterest dan SEO bisa saling menguntungkan. 


Ada empat faktor utama yang mempengaruhi SEO Pinterest. Faktor-faktor tersebut adalah kualitas domain, kualitas pin, kualitas pinner, dan relevansi topik. Pinterest menentukan kualitas pin berdasarkan kesegaran konten, popularitas pin yang disimpan, dan jumlah interaksi yang diterima dari pengguna. 


Misalnya, jika orang lain membagikan pin dari papan Anda ke papan mereka, Pinterest akan mengukur keterlibatan dari setiap pin. Meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas pin penting untuk Pinterest dan SEO.

 

Cara Mengoptimalkan Pin Pinterest

 

Pinterest tidak hanya menawarkan bisnis kecil manfaat yang tercantum di atas, tetapi juga sangat mudah digunakan. 


Namun, jangan biarkan fakta itu membuai Anda ke dalam kepercayaan palsu atau praktik menjepit yang tergesa-gesa/malas. Bisnis Anda dapat dimulai dengan saran ini untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari akun Pinterest Anda. 


Mari kita lihat tips berikut untuk membantu Anda mengetahui cara menggunakan SEO di pinterest: 

 

  • Buat Profil Bisnis Pinterest

    Akun Pinterest bisnis sepenuhnya gratis. Ini juga memberi Anda akses ke analitik Pinterest untuk membantu mendapatkan wawasan berharga tentang perilaku pengguna. Ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan Pin Kaya dan fitur Pinterest tambahan lainnya. Mengikuti langkah-langkah Pinterest tentang cara menyiapkan profil bisnis mudah diikuti dan dilakukan 
  • Klaim Situs Web Bisnis Anda di Pinterest

    Setelah Anda membuat profil bisnis, langkah selanjutnya adalah mengklaim bisnis Anda di Pinterest. Ini memberi tahu Pinterest bahwa bisnis yang Anda klaim untuk digunakan sebenarnya adalah milik Anda sendiri. Langkah ini terdiri dari memverifikasi bahwa Anda memiliki domain tertentu, dan Anda harus menambahkan tautan kode ke situs web Anda. Cukup ikuti petunjuk ini untuk mengklaim situs web Anda di Pinterest dan Anda akan memiliki akses ke semua fasilitas yang disertakan dengan akun bisnis.
  • Jelaskan Perusahaan Anda

    Dengan batas 500 karakter, Anda perlu menjelaskan apa yang dilakukan bisnis Anda dan nilai yang dapat Anda berikan kepada pengguna. Tulis sesuatu yang membantu menarik perhatian orang dan membantu melukiskan gambaran tentang bisnis Anda. Anda dapat melihat bisnis lain dalam industri Anda untuk membantu menarik ide tentang apa yang ingin Anda katakan, tetapi pastikan untuk menambahkan putaran Anda sendiri ke dalamnya.
  •  

    Pilih Nama Pengguna Anda dengan Hati-hati

     

    Pastikan nama pengguna Anda lugas dan terkait erat dengan bisnis Anda. Jika seluruh nama perusahaan Anda cocok, maka mungkin yang terbaik adalah menggunakannya.

     
    Jika nama bisnis Anda tidak cocok, bersikaplah strategis tentang nama pengguna yang Anda pilih. Tetap relevan, tetap sadar kata kunci, dan mudah diingat dan dieja. 

     
    Juga buat sedekat mungkin dengan nama bisnis Anda agar pengguna dapat dengan mudah menemukan Anda jika mereka secara khusus mencari Anda. Nama pengguna dibatasi hingga 15 karakter, jadi gunakan karakter tersebut dengan bijak. 

     

    Optimalkan Profil Anda

     

    Banyak mesin pencari akan merayapi lebih dari sekadar konten Anda; mereka juga akan merayapi informasi dasar di profil Anda. Mesin pencari melihat nama pengguna Anda, yang merupakan satu lagi alasan untuk memilih nama yang paling relevan yang Anda bisa. 


    Mereka juga dapat melihat ke bagian seperti "Tentang", di mana Anda memiliki kesempatan untuk memberi tahu penyemat siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

     

    Sama seperti yang kami diskusikan dalam mendeskripsikan perusahaan Anda, Anda tidak hanya memberi tahu pengguna siapa Anda, tetapi juga mesin telusur. 


    Menggunakan kata kunci target di bagian ini juga bermanfaat untuk pengoptimalan. Ketika datang untuk mengoptimalkan gambar yang Anda gunakan, pastikan untuk menambahkan deskripsi meta rinci untuk kepatuhan ADA dan untuk membantu mesin pencari memahami gambar Anda.

     
    Secara keseluruhan, sangat penting untuk mengoptimalkan semua konten yang Anda buat untuk situs web, profil Pinterest, dan pin yang Anda buat dan bagikan.

     

    Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

     

    Pinterest adalah platform media sosial visual, jadi Anda akan membutuhkan gambar berkualitas tinggi. Jangan memposting gambar beresolusi rendah, dan sesuaikan ukuran gambar Anda agar pas di platform Pinterest. 


    Meskipun Pinterest tidak memiliki batasan pada tinggi gambar, Pinterest membatasi lebar hingga 554 piksel, jadi formatlah gambar Anda sesuai dengan itu. 



    Pilih nama file gambar yang lebih deskriptif

     

    Saat Anda memposting gambar, pastikan Anda mengoptimalkannya. Mesin pencari merayapi teks yang terkait dengan gambar, jadi jangan tinggalkan gambar Anda dengan nama file yang dibuat secara otomatis. Pilih nama file yang deskriptif dan kaya kata kunci untuk gambar Anda. 



    Sertakan deskripsi gambar terperinci

     

    Anda dibatasi hingga 500 karakter dalam deskripsi gambar Anda, jadi gunakan ruang itu dengan baik. Gunakan deskripsi yang kaya kata kunci, tetapi jangan menambahkan terlalu banyak kata kunci sehingga kontennya terdengar seperti spam. 


    Juga, cobalah untuk menjaga deskripsi Anda antara 200 dan 300 kata. Meskipun Anda memiliki hingga 500 karakter yang tersedia, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa item yang paling banyak di-pin dan dikomentari memiliki deskripsi mulai dari 200 hingga 310 kata. 



    Ukuran Gambar

     

    Pinterest terutama populer di perangkat seluler karena lebih mudah untuk menggulir dan menyematkan sesuatu di telapak tangan Anda. Dalam hal ukuran gambar Pinterest Anda, mungkin sulit untuk mengetahui gambar apa yang terbaik dan apa yang akan menarik pengguna untuk menyematkan posting Anda. 


    Khusus untuk Pinterest, semakin panjang gambar semakin baik. Dengan rasio 2:3 yang ideal pada umpan berita, ukuran pin optimal 1.000 piksel kali 1.500 piksel adalah yang terbaik untuk digunakan. Selama gambar tidak terlalu besar, gambar yang lebih besar lebih baik daripada yang lebih kecil. 

     

    Memanfaatkan Bentuk Konten Lain

     

    Meskipun Pinterest sangat visual dengan menggunakan berbagai gambar, terkadang ini bukan hanya tentang menggunakan gambar yang cantik. 


    Sekarang ada berbagai jenis konten berbeda yang dapat Anda gunakan, mengapa tidak menggunakannya untuk keuntungan Anda! Anda dapat memasukkan blog, video, infografis, e-book, dan produk ke dalam strategi Pinterest Anda.  


    Saat Anda dapat menggabungkan elemen-elemen ini ke dalam citra visual Anda, semakin banyak peluang yang dimiliki pengguna Anda untuk berinteraksi dengan konten di profil bisnis Pinterest Anda. 


    Pinterest hanya mengizinkan Anda untuk menyematkan kembali postingan yang sama 4 kali setiap bulan. Namun, Anda dapat menautkan ke konten yang sama sebanyak yang Anda mau, dengan asumsi Anda menggunakan visual yang berbeda. 


    Audiens Anda ingin melihat pin yang berbeda, tetapi bukan posting blog yang sama 100 kali dengan gambar yang berbeda. Meskipun Pinterest tidak memiliki penalti karena memiliki banyak pin ke tautan yang sama, mungkin disarankan untuk membuat 3-6 pin unik untuk setiap konten. 


    Dengan begitu, ada keseimbangan yang lebih baik untuk mengakomodasi pengguna dan pengoptimalan Pinterest.

    Sematkan Konten Anda Sendiri

    Dengan Pinterest, Anda tidak perlu memposting tautan ke situs web Anda bersama dengan setiap gambar. Jika Anda menggunakan tombol Pin It, pin Anda akan secara otomatis menyertakan tautan kembali ke situs web Anda saat Anda memposting gambar.
    Selanjutnya, setelah Anda membuat tautan itu, pengguna Pinterest lainnya akan membuat tautan balik lain saat mereka membagikan atau menyematkan ulang konten Anda. Jadi, penting untuk menyematkan konten Anda sendiri daripada hanya menyematkan ulang konten orang lain.
    Anda tidak hanya akan memperkuat citra Anda dan meningkatkan pengenalan merek, tetapi pin akan memberikan tautan langsung ke situs web Anda untuk membeli produk Anda.

    Lihat SERPs

    Anda juga dapat mencari petunjuk lain secara online saat Anda mulai menggunakan Pinterest untuk keuntungan Anda. SEO adalah tentang menemukan apa yang dicari orang, dan membantu mereka menjawab pertanyaan atau permintaan mereka.
    Jika Anda bingung dengan topik apa yang harus Anda tambahkan selanjutnya, lakukan pencarian dasar untuk istilah terkait yang berhubungan dengan bisnis Anda. Anda dapat melihat ide penelusuran populer tentang apa yang dicari pengguna dalam industri Anda.
    Meskipun ini tidak memberi Anda informasi kuantitatif tentang apakah kata kunci tersebut akan berperingkat lebih tinggi atau tidak, ini dapat memberi Anda awal dan arahan yang baik tentang topik untuk dikembangkan.
    Ini adalah wawasan gratis yang dapat dimanfaatkan oleh strategi pemasaran dan SEO Anda.

    Riset Kata Kunci

    Penelitian kata kunci dalam SEO adalah aspek yang sangat besar yang dapat menyelami banyak sektor yang berbeda.
    Sederhananya, sementara pencarian Pinterest memiliki algoritme sendiri, mempraktikkan penelitian kata kunci dalam konten Anda harus selalu dipertimbangkan.
    Pencarian Google memberikan lalu lintas ke Pinterest, jadi ketika Anda memasukkan strategi kata kunci yang baik, Anda mungkin menarik beberapa lalu lintas eksternal jika Anda menyediakan konten yang sangat baik.
    Dengan artikel Pinterest, mungkin lebih baik untuk memfokuskan upaya Anda pada kata kunci ekor panjang yang memiliki volume pencarian lebih tinggi dan bisa kurang kompetitif.
    Secara keseluruhan, ini semua tentang mengelola keseimbangan yang akan memberikan lalu lintas berkualitas ke halaman Pinterest Anda (dan akhirnya ke situs web Anda).

    Gunakan Hashtag

    Menggunakan hashtag adalah tren populer di Pinterest. Tagar membantu individu menemukan lebih banyak pos atau pin yang terkait dengan topik yang mereka minati.
    Anda dapat membuat tagar yang berhubungan dengan konten, bisnis, atau niche Anda! Meskipun memiliki tagar membantu pin Anda menjangkau lebih banyak orang, memiliki terlalu banyak bisa menjadi sombong.
    Pastikan untuk memiliki jumlah hashtag yang tepat, paling banyak 5-8, untuk membantu meningkatkan pin Anda. Ide bagus lainnya adalah menambahkan kata kunci ke dalam tagar Anda.
    Ini membantu mengoptimalkan dan menambahkan nilai Pinterest ke pin Anda dan membuat tagar lebih langsung.

    Menerapkan Tombol "Simpan" ke Pin Anda

    Ketika pengguna dapat "Simpan" pin ke papan mereka, ini membantu meningkatkan pengoptimalan konten Anda ke situs web Anda.
    Ini membantu mengarahkan lalu lintas ke halaman Pinterest Anda, mendapatkan lebih banyak pengikut, dan meningkatkan eksposur ke gambar dan konten di profil Anda.
    Anda dapat menerapkan tombol "Simpan" melalui HTML. Anda dapat membuat tombol "Simpan" muncul secara default, atau Anda dapat membuatnya muncul saat pengguna mengarahkan kursor ke kuadran kiri atas gambar.
    Jika Anda mendapatkan banyak lalu lintas dari Pinterest, atau pelanggan Anda menunjukkan minat yang besar untuk menyimpan gambar Anda ke papan Pinterest mereka, mungkin masuk akal untuk menampilkan dan menambahkan tombol "Simpan".

    Menambahkan Nilai ke Pinterest

    Pinterest bukan hanya tempat untuk menemukan ide kerajinan dan pakaian yang bagus.
    Pinterest telah berkembang menjadi salah satu jejaring sosial yang paling relevan, dan bila digunakan dengan benar, pasti dapat menguntungkan bisnis Anda.
    Nantikan lebih banyak lalu lintas dan tingkat konversi yang lebih tinggi saat Anda berinvestasi dan mengoptimalkan di Pinterest.


Baca Juga : Algoritma Pinterest
Next Post Previous Post