SEO Untuk Situs Baru Dan 301 Redirect

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Anda telah bekerja keras untuk mendapatkan lalu lintas ke situs Anda dan menjadi sumber informasi yang tepercaya. Dan Anda akan melakukan desain ulang atau mengubah nama domain sepenuhnya. 


Jadi Anda bertanya-tanya, “Apakah saya harus memulai lagi dari awal meningkatkan kesadaran akan alamat web baru saya dan membangun reputasi yang baik? Apakah situs web saya akan turun dalam peringkat hasil pencarian? Apakah saya akan kehilangan lalu lintas ke situs saya?” 


Jawaban singkatnya: Semua itu bisa dikurangi atau dicegah sama sekali. Sedikit perencanaan dan spreadsheet dua kolom dapat memastikan situs web baru Anda dimulai dengan jalur SEO yang baik.

 
Baik Anda mendesain ulang situs web Anda atau mengubah atau menggabungkan domain, Anda dapat menggunakan rencana pengalihan 301 untuk memastikan Anda meneruskan sebanyak mungkin otoritas domain yang ada (peringkat mesin telusur) dan lalu lintas organik ke situs web atau domain baru Anda. 

 

Peran 301 Redirect dalam SEO

 

Pengalihan adalah web yang setara dengan formulir perubahan alamat yang Anda isi saat Anda pindah. Pengalihan adalah cara mengarahkan pengunjung dan mesin telusur ke lokasi URL yang baru. 


Dan seperti halnya formulir perubahan alamat, Anda perlu menunjukkan apakah pemindahan tersebut bersifat permanen atau sementara. Jika Anda memindahkan URL secara permanen, maka Anda akan menggunakan "301 Dipindahkan Secara Permanen." 


Jika URL hanya dipindahkan sementara, Anda akan menggunakan kode status http “302 Dipindahkan Sementara”. Kami akan fokus pada pengalihan 301 karena kami berbicara tentang migrasi situs dan peluncuran situs baru. 


Untuk memahami nilai sebenarnya dari pengalihan 301 dalam kaitannya dengan SEO, Anda harus terbiasa dengan ekuitas tautan. Sederhananya, ekuitas tautan adalah kumpulan tautan masuk (yaitu, tautan balik) yang mengarah ke halaman di situs web Anda. Tautan ini, terakumulasi selama keberadaan URL, memiliki nilai SEO yang bagus. 


Tautan balik memberi tahu mesin pencari bahwa konten halaman (dan situs web Anda) memiliki nilai atau otoritas. Dengan backlink yang memiliki nilai SEO yang bagus dan berusaha keras untuk mengumpulkannya, sangat penting untuk memastikan bahwa ekuitas diteruskan dari situs lama Anda ke situs web baru Anda selama migrasi. 


Di situlah pengalihan 301 masuk. 301 adalah tautan "penerusan ekuitas", yang berarti mesin telusur akan meneruskan sekitar 90-99% ekuitas tautan URL dari halaman lama ke halaman baru. 

 

Kapan Menggunakan Pengalihan 301

 

Contoh berikut menjelaskan kapan dan mengapa menggunakan pengalihan 301.

 

Mengubah Nama Domain Situs Web Anda

 

Anda mengubah situs web Anda dari www.lama.com menjadi www.baru.com, jadi Anda ingin membuat rencana pengalihan tingkat halaman untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang relevan dengan nama domain baru Anda. 


Katakanlah Anda memiliki halaman populer di situs web Anda yang membahas "alamat jalan" dan URL-nya adalah www.lama.com/alamat/informasi/alamat-jalan. Anda akan menempatkan pengalihan untuk menunjukkan bahwa URL ini telah dipindahkan secara permanen ke www.baru.com/alamat/informasi/alamat-jalan.

 
Dengan 301 di tempat, setiap kunjungan ke URL lama akan mendarat di URL baru secara otomatis. Menggunakan pengalihan 301 memastikan bahwa jika seseorang mengetik, mencari, atau mengklik Tautan ke situs web lama Anda (www.lama.com), mereka akan secara otomatis dibawa ke situs web baru Anda (www.baru.com). 

 

Meluncurkan Situs Web Baru Tapi Menjaga Domain Yang Sama

 

Anda mendesain ulang situs web Anda, dan beberapa konten telah berubah, jadi Anda ingin membuat rencana pengalihan tingkat halaman untuk setiap URL di situs Anda saat ini yang tidak akan disertakan atau di mana URL akan berbeda di situs yang baru dirancang. 


Mari kita gunakan halaman populer kita yang membahas "alamat jalan" lagi. URL aslinya sama: www.lama.com/alamat/informasi/alamat-jalan. Situs yang baru dirancang memiliki struktur yang sedikit berbeda dari situs lama Anda, sehingga beberapa URL telah berubah. Anda akan menempatkan pengalihan untuk menunjukkan bahwa URL ini telah dipindahkan secara permanen ke www.lama.com/alamat/alamat-jalan.

 

Menggabungkan Dua Situs Web ke Satu Domain

 

Anda menggabungkan dua situs web (www.lamA.com dan www.baru.com) dan tidak ingin kehilangan ekuitas tautan apa pun dari situs yang dihapus (www.lama.com) sehingga Anda ingin membuat rencana pengalihan tingkat halaman yang memperhitungkan semua URL di www.lama.com.

 
Untuk melakukan ini, Anda perlu mengevaluasi setiap halaman di www.lama.com dan menemukan halaman konten yang paling relevan di www.baru.com. Sekali lagi, mari kita gunakan contoh "alamat jalan" kita. Di www.baru.com, tidak ada halaman yang hanya mencakup alamat jalan. 

 
Namun, ada halaman yang berbicara tentang semua jenis alamat yang berbeda. Anda dapat memutuskan untuk membuat halaman di www.baru.com atau menempatkan pengalihan untuk menunjukkan bahwa www.lama.com/alamat/informasi/alamat-jalan. telah dipindahkan secara permanen ke www.baru.com/alamat.

 

Bagaimana Mengembangkan Rencana Pengalihan

 

Rencana pengalihan akan berbeda berdasarkan jenis situasi di mana Anda berada. Sedikit riset dan persiapan akan membantu Anda memahami apa yang dibutuhkan dalam rencana pengalihan Anda. 


Idealnya, semua URL di situs web Anda akan disertakan dalam rencana pengalihan 301 Anda. Namun, beberapa situs terlalu besar dan sulit diatur untuk menjadi tujuan yang realistis. Untuk memprioritaskan daftar halaman yang akan dialihkan, gunakan Alat Webmaster Google. 


Dalam Alat Webmaster, buka “Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Anda” untuk melihat “konten Anda yang paling tertaut”. Anda dapat mengunduh daftar ini ke spreadsheet dan mulai membuat rencana pengalihan Anda dari sana. 

 
Idenya adalah untuk meneruskan ekuitas tautan sebanyak mungkin dari situs/domain lama ke situs web baru. Untuk mendapatkan manfaat peringkat paling banyak, sertakan setiap URL yang terpengaruh oleh perubahan dalam rencana pengalihan 301 Anda.

 
Rencana pengalihan Anda akan terdiri dari setidaknya dua kolom informasi: URL lama/saat ini dan URL baru/pengalihan. Setelah Anda memiliki daftar URL saat ini yang perlu dialihkan, Anda dapat mulai mengisi kolom URL pengalihan. Setelah selesai, Anda dapat mengirimkan spreadsheet ini ke webmaster atau tim pengembangan untuk diterapkan.

 

Kapan Menyebarkan Pengalihan

 

Masuk akal jika situs baru Anda perlu diluncurkan sebelum Anda dapat menerapkan pengalihan 301. Lagi pula, halaman baru harus ditayangkan sebelum Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke halaman tersebut.

 
Namun, Anda dapat dan harus melakukan jaminan kualitas sebelum meluncurkan situs web baru Anda. Minta webmaster atau program pengembang Anda dan uji pengalihan 301 tingkat halaman Anda di lingkungan pementasan. 


Setelah rencana pengalihan Anda divalidasi, itu dapat diterapkan setelah peluncuran situs baru Anda sebaiknya pada hari yang sama. Sekarang setelah situs Anda diluncurkan dan 301 Anda sudah siap, Anda harus menguji pengalihan Anda untuk memastikan URL lama dialihkan dengan benar ke URL baru. 


Beberapa fluktuasi peringkat diharapkan terjadi setelah peluncuran situs baru atau penerapan pengalihan 301. Ini karena waktu yang dibutuhkan mesin pencari untuk merayapi peta situs baru atau 301-an baru-baru ini. Berapa lama fluktuasi ini berlangsung, bagaimanapun, tergantung pada sejauh mana perubahan pada konten, tata letak, atau pengoptimalan di situs baru.

Next Post Previous Post