Definisi Kualitas Konten Yang Relevan

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Istilah relevan cukup sering dilontarkan dalam diskusi tentang konten situs web. Semua orang setuju bahwa relevansi penting dalam menciptakan materi yang efektif untuk bisnis Anda. 


Namun, istilah itu sendiri agak umum. Apa, misalnya, membuat konten yang relevan? Bagaimana Anda tahu bahwa materi pemasaran konten Anda cukup relevan untuk memberi Anda hasil? Sementara bentuk spesifik yang relevansi bergantung pada bisnis Anda dan audiens target Anda, ada kualitas tertentu yang ada di semua materi pemasaran konten yang efektif. 

 

Konten yang relevan harus memiliki nilai bagi audiens target

 

Materi pemasaran konten yang paling mendasar dan relevan adalah informasi yang menurut audiens target Anda berguna. Baik itu buku putih tentang pentingnya privasi atau posting blog tentang cara memilih cincin pertunangan yang sempurna, konten Anda harus memiliki nilai bagi audiens Anda. 


Untuk menentukan jenis konten apa yang akan berguna bagi audiens target Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami audiens target Anda. Oleh karena itu, setiap upaya untuk menciptakan relevansi perlu dimulai dengan persona pembeli yang terperinci dan keakraban yang mendalam dengan audiens Anda. 


Ketahui siapa mereka, di mana minat mereka berada, dan yang terpenting, apa poin rasa sakit mereka sehingga Anda dapat menyesuaikan informasi dengan keinginan mereka. Misalnya, katakanlah persona Anda Molly adalah wanita Kaukasia berusia 38 tahun dengan pendapatan kelas menengah dan hasrat untuk pahlawan super. 


Konten yang relevan untuknya mungkin terdiri dari posting blog ringan tentang cara menemukan kostum untuk konvensi Comic-Con berikutnya, dengan tautan ke video game Anda yang dapat ia gunakan untuk inspirasi. 


Namun, jika persona Anda adalah Todd, pria berusia 65 tahun yang mencari hadiah ulang tahun untuk keponakannya yang terobsesi dengan video game, Anda mungkin ingin membuat panduan pembelian untuk pemula video game. 


Bentuk spesifik yang diambil pemasaran konten Anda tidak sepenting apa yang dicapainya untuk audiens Anda. Dalam contoh di atas, posting blog paling penting untuk menjangkau Molly, sementara panduan pembelian paling efektif untuk menjangkau Todd. 


Namun, kesamaan dari kedua materi pemasaran konten yang relevan ini adalah nilai yang mereka miliki untuk Molly dan Todd. Nilai itulah yang harus Anda perjuangkan dalam semua materi yang Anda buat.

 

Atasi peristiwa terkini dalam pemasaran konten Anda

 

Salah satu alasan orang mungkin datang ke situs web Anda atau membaca materi pemasaran konten Anda adalah karena mereka ingin tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi di industri Anda. 


Jika Anda ingin memposisikan merek dan pemasaran konten Anda sebagai relevan, Anda harus menangani peristiwa terkini di industri Anda secara langsung. Masalah pasti yang Anda tangani akan bervariasi sesuai dengan industri Anda dan apa yang terjadi ketika Anda duduk untuk membuat konten. 


Kuncinya adalah tetap mengikuti perkembangan terbaru di bidang Anda, terutama yang berkaitan dengan audiens target Anda. Saat Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin diketahui oleh audiens Anda dan/atau membutuhkan panduan, Anda kemudian dapat membuat konten seputar masalah itu. 


Melakukannya adalah cara yang pasti untuk menambah nilai dan memecahkan masalah bagi audiens target Anda, ditambah lagi sangat baik untuk menunjukkan profesionalisme dan keahlian yang dimiliki bisnis Anda.

 

Buat materi pemasaran konten yang abadi dan selalu hijau

 

Di sisi lain, konten yang membahas topik hangat di industri Anda cenderung kehilangan relevansinya dengan cepat (postingan blog pada konvensi Comic-Con tahun ini akan menjadi tua sehari setelah konvensi berakhir).

 
Mengelola jenis materi yang cepat berubah ini dapat membuat kampanye pemasaran konten Anda lebih sulit dipertahankan. Untuk menjaga relevansi dalam materi pemasaran konten Anda, Anda juga harus menyertakan bagian yang selalu hijau atau abadi. 


Ini berarti bahwa mereka selalu berharga bagi audiens target Anda. Misalnya, kiat membuat kostum pahlawan super yang realistis, atau dasar-dasar pembelian video game adalah topik yang menurut sebagian besar audiens target Anda akan berguna dalam jangka panjang.

 
Membuat konten yang relevan adalah bagian penting dalam menikmati kampanye pemasaran konten yang efektif. Meskipun tidak ada yang dapat memberi tahu Anda dengan tepat jenis konten apa yang paling relevan dalam situasi khusus Anda dengan audiens target khusus Anda, ada kualitas khusus yang harus Anda perjuangkan. 


Dengan menulis konten yang memiliki nilai untuk audiens target Anda, memecahkan masalah untuk audiens target Anda, membahas peristiwa terkini, dan dengan juga memasukkan materi abadi, Anda akan siap untuk lebih efektif dan berhasil menerapkan kampanye pemasaran konten.

Next Post Previous Post