Berapa Durasi Konten Seharusnya?

Digital Marketing, jurnalseo.com

 

Video adalah konten digital berperforma terbaik di media sosial, mendorong lebih banyak keterlibatan daripada opsi posting sosial lainnya. Faktanya, tweet dengan video dapat melihat interaksi hingga 10x lebih banyak. Tetapi memasukkan konten video ke dalam strategi pemasaran media sosial Anda tidak sesederhana mengunggah video. Ada banyak keputusan yang harus diambil. Cerita apa yang akan Anda ceritakan dan dengan gaya apa? Di platform apa video akan diposting? Siapa target audiens Anda? Apa tujuan keseluruhan Anda? 


Semua pertanyaan ini penting, tetapi kami masih melewatkan satu pertanyaan penting, Berapa lama seharusnya video di media sosial? Anda perlu mempertimbangkan panjang video yang Anda bagikan, karena akan memaksimalkan tingkat pemirsa. Jika Anda ingin menyampaikan pesan merek Anda dan mempertahankan perhatian audiens Anda, maka Anda perlu memahami berapa lama durasi video sosial. 

 

Berapa Lama Seharusnya Video Sosial?

 

Saat ini, durasi ideal sebuah video adalah dua menit. Ini menurut beberapa studi pemasaran, survei, dan tes meskipun studi lain yang dilakukan oleh HubSpot menemukan bahwa keterlibatan audiens benar-benar menurun setelah sekitar satu menit. Jadi, untuk saat ini, sekitar 1-2 menit adalah rentang yang baik. 


Sayangnya, rekomendasi durasi video berubah setiap saat. Selama bertahun-tahun, semakin pendek, semakin baik. Lalu, tiba-tiba, itu semua tentang video berdurasi panjang. Kemudian, itu berayun kembali ke video yang lebih pendek lagi. Sulit untuk memberikan jawaban yang pasti karena praktik terbaik pemasaran video sering kali bergantung pada audiens, platform, dan konten yang dibagikan. 

 

Berapa Durasi Video Terbaik untuk Setiap Platform?

 

Meskipun kami dapat menetapkan pedoman untuk durasi video, pedoman tersebut bukanlah solusi satu ukuran untuk semua untuk setiap platform media sosial. Sama seperti Anda memiliki strategi media sosial yang berbeda untuk setiap platform, strategi video Anda juga perlu bervariasi. Berikut ini sekilas tentang panjang video terbaik setiap platform. 

 

Facebook: 1 Menit

 

Selama beberapa tahun terakhir, Facebook telah mendapatkan daya tarik dengan pengguna yang menonton lebih banyak video berdurasi panjang, tetapi video yang lebih pendek masih mendominasi postingan organik dan berbayar. Biasanya, postingan dengan keterlibatan terbanyak berdurasi sekitar satu menit. Alasan untuk ini adalah bahwa pengguna Facebook suka menggulir. Untuk memastikan Anda menyampaikan pesan Anda, pastikan Anda memulai video Anda dengan hook yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada posting Anda dengan cepat. 

 

Instagram: 30 Detik

 

Tidak seperti perusahaan induknya yang disebutkan di atas, Instagram selalu melayani rentang perhatian yang lebih pendek. Ini terutama karena ketika aplikasi pertama kali merilis kemampuan untuk berbagi video, Anda hanya dapat merekam hingga satu menit. Bahkan sekarang dengan kemampuan untuk ditayangkan dalam jangka waktu yang lebih lama, durasi video ideal Instagram masih sekitar 30 detik atau lebih tepatnya, video 26 detik. Pengguna cenderung menggulir dengan cepat di Instagram karena ini adalah platform visual, jadi yang terbaik adalah membuat video tetap pendek. 

 

Twitter: 45 Detik

 

Jika Anda mencoba menambahkan video panjang ke Twitter, Anda kurang beruntung, karena platform ini lebih membatasi aturan videonya. Video tidak boleh lebih dari dua menit dan 20 detik. Untuk durasi ideal, video di Twitter yang berdurasi antara 20-45 detik paling banyak dilihat. Pengguna terbiasa dengan konten pendek, tajam, dan mudah dicerna di Twitter, sehingga video panjang tidak terlalu masuk akal. 

 

Pinterest: 3 Menit

 

Pinterest beroperasi sedikit berbeda dari platform sosial lainnya, jadi praktik terbaik durasi video dimiringkan berdasarkan jenis konten yang Anda bagikan. Untuk video yang dipromosikan, Pinterest telah menunjukkan bahwa video antara 6-15 detik berfungsi paling baik. Untuk video how-to atau demo, yang dapat menarik perhatian penonton lebih lama, antara 1-3 menit adalah sweet spot. Kunci untuk membuat video Pinterest yang menarik adalah memastikan bahwa pengguna dapat mengambil tindakan di akhir. 

 

YouTube: Di Bawah 3 Menit atau Lebih Dari 10 Menit

 

Akhirnya, YouTube. Platform berbagi video adalah sedikit misteri dalam hal durasi video yang "sempurna". Tidak seperti platform media sosial lainnya, YouTube dirancang hanya untuk video. Tidak ada konten tertulis untuk memecah apa yang Anda lihat, sehingga panjang video dapat sangat berbeda tergantung pada topiknya. Untuk beberapa video, dua menit akan menjadi taruhan terbaik Anda. Tetapi bagi orang lain, jika apa yang Anda buat sepadan dengan waktu audiens Anda, waktu tonton lebih dari 30 menit bisa menjadi pilihan yang berharga. Ini adalah platform tempat Anda pasti perlu menguji dan menyesuaikan panjang video saat Anda membuat lebih banyak konten. 

 

Bisakah Anda Memposting Video yang Sama Di Mana Saja?

 

Meskipun setiap platform media sosial memiliki praktik terbaik videonya sendiri, satu hal tetap benar: video cepat berfungsi di mana saja. Artinya, jika Anda tidak memiliki anggaran untuk memproduksi lima video berbeda untuk setiap platform, membuat satu video pendek yang dapat dibagikan secara luas tidak masalah. Tetapi ingat bahwa setiap platform memiliki pedoman keluaran yang berbeda, jadi Anda harus bekerja dengan tim Anda untuk membuat sesuatu yang akan terlihat bagus di berbagai platform. 


Pada akhirnya, terlepas dari berapa lama setiap video dan platform apa yang Anda pilih untuk mempostingnya, satu-satunya hal yang penting adalah menarik perhatian pelanggan Anda dan membuat mereka terlibat dengan konten Anda. Jika Anda dapat mencapainya, maka strategi sosial Anda akan melihat peningkatan yang Anda harapkan!

Next Post Previous Post