Bagaimana Penayangan YouTube Dihitung?

Digital Marketing, jurnalseo.com

 

Saat mengukur keberhasilan upaya pemasaran video di YouTube, banyak pemasar akan menggunakan metrik seperti penayangan untuk memahami kinerja konten video mereka. Tapi apa yang dianggap sebagai "tampilan" di YouTube? Lebih baik lagi, bagaimana YouTube menghitung penayangan? Mari kita lihat lebih dekat. 

 

Bagaimana Penayangan YouTube Dihitung di YouTube?

 

Karena YouTube ingin memastikan bahwa videonya ditonton oleh manusia yang sebenarnya dan bukan bot yang mencoba mengubah jumlah penayangan, sistem penayangan video telah diterapkan untuk memisahkan penayangan yang sah dari yang lain. YouTube hanya menghitung penayangan jika kriteria berikut terpenuhi: 

 

  • Pengguna harus mengklik tombol putar secara fisik untuk memulai video.
  • Video harus diputar setidaknya selama 30 detik.

 

Ini membantu YouTube mengetahui bahwa pemirsa sengaja menonton video, menghitungnya sebagai "penayangan". 


Apa artinya ini bagi pemasar? Terlepas dari durasi video, penayangan merupakan indikasi yang baik bahwa konten video yang disediakan menarik dan layak ditonton. Jika video tertentu mendapatkan jumlah penayangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain, ini bisa menjadi panduan untuk jenis konten video apa yang akan dibuat nantinya.

 
Penting untuk diperhatikan bahwa video YouTube akan terus menerima penayangan baru hanya jika video tersebut mematuhi standar YouTube. Jadi, misalnya, menyematkan video di situs web dan memaksanya untuk memulai otomatis tidak akan memberikan tampilan yang dapat dihitung. Juga tidak akan membeli tampilan dengan menggunakan bot tampilan. Mencoba solusi spam ini dapat membuat video Anda dihapus dari YouTube, menempatkan Anda dalam posisi kehilangan hak istimewa monetisasi atau lebih buruk lagi, akun Anda ditangguhkan.

 

Bagaimana Mengulangi Faktor Tampilan menjadi Total Tampilan?

 

Penayangan berulang di YouTube dapat diperhitungkan terhadap total penayangan. Meskipun tidak setiap penayangan berulang akan dihitung sebagai total penayangan keseluruhan, YouTube memahami bahwa penggunanya mungkin melihat video dan ingin menontonnya beberapa kali atau menampilkannya kepada orang-orang dalam lingkaran sosial mereka, sehingga banyak penayangan dapat terjadi dari satu perangkat atau akun dan memicu tampilan baru yang akan ditambahkan ke total. 


Setelah titik tertentu—beberapa percaya sekitar 4 atau 5 penayangan YouTube akan berhenti menghitung penayangan video berulang dari perangkat atau akun tersebut dalam waktu 24 jam. Jika pengguna yang sama menonton video lagi di luar jendela 24 jam itu, penayangan akan dihitung lagi. 

 

Bagaimana Iklan Video Berbayar Dihitung?

 

Untuk merek apa pun yang menggunakan sistem iklan video TrueView in-stream YouTube yang dapat menampilkan video di YouTube dan di seluruh Jaringan Display Google jumlah penayangan bekerja kira-kira sama dengan penayangan organik. 


Penayangan akan dihitung ketika:

  • Seorang pengguna menonton iklan video lengkap antara 11 dan 30 detik.
  • Seorang pengguna menonton setidaknya 30 detik dari video yang lebih panjang.
  • Seorang pengguna berinteraksi dengan iklan dengan mengkliknya.

 

Mengapa Total Penayangan Video Tampak Macet?

 

Satu hal yang mungkin Anda perhatikan ketika melihat jumlah penayangan YouTube setelah memposting video baru adalah bahwa penghitung penayangan dapat tampak macet pada 301 penayangan untuk jangka waktu tertentu. Ketika ini terjadi, jangan khawatir. YouTube menahan video yang mendapatkan lebih dari 301+ penayangan karena sistem mereka membutuhkan waktu untuk memproses penayangan. Alasan platform melakukan ini dengan lebih dari 301 penayangan adalah karena ini adalah ambang batas untuk dapat memonetisasi video dan muncul di beranda YouTube atau dalam penelusuran yang sedang tren. 


Jika video Anda baru saja diposting dalam beberapa jam terakhir, kemungkinan sistem YouTube masih memfilter penayangan untuk menentukan mana yang sah dan mana yang berasal dari bot. Setelah proses ini selesai, jumlah penayangan akan diperbarui lebih sering dan memberikan representasi yang lebih akurat dari tampilan Anda.

 

Mengapa Tampilan YouTube Terlihat Berbeda di Analytics?

 

Untuk membuat masalah lebih membingungkan, jumlah penayangan dapat bervariasi antara halaman tampilan video, halaman pencarian, dan analytics Anda, yang berarti Anda dapat melihat dua hingga tiga angka yang berbeda. Untungnya, ada penjelasan yang jelas mengapa jumlah tampilan ini terlihat berbeda. 


Dengan YouTube Analytics, merek dapat memantau penayangan video lebih dekat melalui metrik Aktivitas Waktu Nyata. Angka ini berbeda dengan halaman tonton dan halaman pencarian video karena menunjukkan estimasi potensi aktivitas penayangan berdasarkan histori video Anda. Jadi meskipun jumlahnya mungkin sedikit berbeda dari apa yang Anda lihat di halaman tonton video, tidak berlebihan untuk menaikkan angka. Sebaliknya, ini adalah cara untuk membantu merek lebih memahami apakah video mereka akan terus sukses atau jika penayangan mulai meningkat. 


Memahami jumlah penayangan dapat membantu Anda menetapkan strategi pemasaran video yang lebih kuat untuk merek Anda. Jika Anda memperhatikan video mana yang berkinerja baik dan mana yang mungkin tertinggal dalam hal penayangan, Anda dapat mengarahkan produksi video Anda ke konten video yang berfungsi dan menarik konsumen.

Next Post Previous Post