Apa Itu Cerita Web di Google?

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Google baru-baru ini merilis Google Web Stories, bergabung dengan semakin banyak platform yang menawarkan fitur cerita untuk pembuatan konten. Cerita Web Google bekerja sedikit berbeda dari cerita media sosial, tetapi mereka memberikan peluang unik bagi merek dan bisnis untuk membuat konten imersif yang dapat ditemukan dalam pencarian Google. Berikut adalah melihat lebih dekat apa itu Google Web Stories dan bagaimana mereka dapat membantu kehadiran online Anda. 

 

Memahami Cerita Web Google

 

Cerita Web di Google didukung oleh Teknologi AMP dan menggunakan format layar penuh pada perangkat seluler yang menampilkan serangkaian slide visual yang dapat diketuk sebagai cara bagi pengguna untuk berinteraksi dengan konten. 


Ini mirip dengan fitur cerita yang tersedia di Instagram, Facebook, dan platform lainnya; namun, perbedaan utamanya adalah bahwa Google Web Stories memungkinkan Anda untuk mempublikasikan cerita di situs web Anda sendiri dan selama yang Anda suka. Anda memiliki kontrol kreatif penuh atas Cerita Web Anda dan dapat membuat tayangan slide visual menggunakan kombinasi video, gambar, dan teks untuk membagikan pesan merek Anda. 


Selain Cerita Web yang tersedia di situs web Anda, pengguna juga dapat menemukannya di penelusuran Google, melalui Google Discover, dan di Penelusuran Gambar Google. Dengan kata lain, dengan Google Web Stories, Anda dapat melibatkan audiens dengan lebih baik dan memanfaatkan peluang SEO yang tidak tersedia di platform media sosial 

 

Manfaat Cerita Web Google

 

Cerita Web Google beroperasi secara berbeda dari cerita di platform sosial lainnya, dan mereka menawarkan manfaat yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan Cerita Web dapat membantu strategi pemasaran digital Anda!

 

Kepemilikan Lengkap

 

Dengan cerita di Instagram, Snapchat, Facebook, dan situs media sosial lainnya, Anda bergantung pada antarmuka unik platform dalam hal membuat, berbagi, dan mengelola konten. Dengan Google Web Stories, Anda mengendalikan kode dan dapat menyematkannya ke situs web sesuka Anda. Memiliki Cerita Web Anda sendiri juga memungkinkan pembuatan konten lintas platform. Saat Anda bekerja untuk membuat Cerita Web, Anda dapat membuat konten cerita berharga yang dapat digunakan di mana saja di situs web Anda, bukan hanya saluran sosial individu. 

 

Sepenuhnya Dapat Disesuaikan

 

Editor pembuatan cerita yang tersedia untuk membuat Google Web Stories memungkinkan Anda mengontrol setiap aspek desain cerita Anda dan menambahkan fitur lain seperti animasi. Platform media sosial yang menawarkan cerita, di sisi lain, tidak selalu menawarkan tingkat penyesuaian yang sama seperti yang dilakukan Cerita Web, yang berarti peluang branding dapat dibatasi. Misalnya, Instagram hanya menawarkan beberapa templat, filter, dan pilihan font untuk Anda gunakan saat membuat cerita. Google Web Stories menawarkan lebih banyak kebebasan dalam desain. 

 

Tidak ada batas waktu

 

Fitur lain yang bermanfaat dari Cerita Web adalah Anda memiliki kemampuan untuk membuatnya dapat dilihat selama yang Anda inginkan. Sebagian besar platform sosial memberi cerita umur simpan yang terbatas, biasanya hanya 24 jam. Mampu menyesuaikan Cerita Web Anda sepenuhnya dan mengontrol berapa lama mereka dapat dilihat tidak hanya bagus untuk pencitraan merek. Ini juga memberikan lebih banyak kebebasan untuk membuat konten lintas platform dan mendapatkan lebih banyak jarak tempuh dari apa yang Anda buat. 

 

Jangkauan yang Lebih Baik

 

Cerita Web tidak terbatas pada satu platform, sehingga cerita Anda memiliki kesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Dengan format cerita media sosial lainnya, mereka biasanya hanya dapat menjangkau orang-orang yang mengikuti akun sosial Anda. Selain itu, Google telah meningkatkan jumlah tempat di mana Cerita Web dapat ditemukan seperti Google Discover dan Google Gambar sehingga eksposur Anda tidak terbatas pada satu saluran atau pengikut yang ada saja.

 

Nilai SEO

 

Meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan melalui Cerita Web juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan SEO Anda. Karena Cerita Web secara teknis adalah halaman mereka sendiri dan dibuat melalui platform Google, Anda mungkin memiliki peluang lebih baik untuk muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP). Anda juga dapat menambahkan tautan dan ajakan bertindak ke Cerita Web, yang dapat membantu Anda mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. 

 

Konten Iklan

 

Cerita di platform media sosial lain memiliki beberapa kemampuan periklanan dengan fitur cerita bersponsor. Cerita Web Google serupa karena Anda dapat menempatkan Google Adwords dalam cerita Anda dan membuat konten bersponsor untuk pemirsa.

 

Cara Membuat Cerita Web Google

 

Ada berbagai editor cerita web pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk membuat Cerita Web Google. Untuk membuat cerita yang sukses, Cerita Web Anda harus menyediakan konten yang berharga bagi pemirsa, sebagian besar bersifat visual, dan memiliki awal, tengah, dan akhir yang logis. Dengan kata lain, itu harus menceritakan sebuah cerita lengkap, tidak bertindak sebagai penggoda.

 

Plugin Cerita Web Untuk Wordpress

 

Jika Anda memiliki situs web yang didukung oleh WordPress, ada plugin editor Cerita Web yang ditawarkan oleh Google yang dapat Anda gunakan untuk membuat cerita. Plug-in ini menggunakan gaya pembuatan drag-and-drop, membuatnya mudah untuk membuat dan mempublikasikan cerita langsung ke situs web Anda. Plus, Anda akan memiliki akses ke foto dan video yang ada di perpustakaan media WordPress Anda karena editor terintegrasi dengan bagian situs Anda lainnya. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana untuk membuat cerita web pertama Anda, plugin ini juga menawarkan berbagai template desain untuk dipilih. Google bahkan telah menyediakan panduan langkah demi langkah yang mendalam untuk memandu Anda dalam menginstal plugin. 

 

Membuat Cerita

 

Alat lain yang mudah digunakan untuk membuat Google Web Stories adalah MakeStories. Mirip dengan plugin WordPress, MakeStories menggunakan antarmuka drag-and-drop dan katalog besar ikon, gambar, simbol, dan lainnya untuk Anda merancang cerita untuk situs web Anda. Program ini menawarkan beberapa cara bagi Anda untuk menempatkan cerita Anda langsung ke situs web mana pun. Ini menawarkan integrasi WordPress yang dapat Anda gunakan, serta opsi penyematan seperti iFrame. Anda juga dapat mengekspor cerita sebagai file zip dan mempublikasikannya ke File Transfer Protocol (FTP) di situs web Anda. 

 

Cerita Produk oleh Shopify

 

Apakah Anda menjalankan situs web e-niaga Shopify? Shopify telah merilis aplikasi mereka sendiri, ProductStories, bagi Anda untuk membuat Google Web Stories dari halaman produk Anda dan membantu Anda mendorong lebih banyak penjualan. Alat ini sangat membantu karena memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung dari cerita! Setelah Anda menginstal aplikasi, Anda akan memiliki akses ke beberapa template dan dapat mulai mengubah halaman produk Anda menjadi cerita yang menarik secara visual. Aplikasi ini juga menawarkan alat analitik bagi Anda untuk mengukur tayangan dan klik dari Cerita Web Anda.

Next Post Previous Post