FAQ Web: Bagaimana Konten Pertanyaan-Jawaban Membantu SEO

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

FAQ Situs Web sangat bagus untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan tentang bisnis Anda, tetapi tahukah Anda bahwa FAQ juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur situs web Anda? Itu benar FAQ sebenarnya dapat ditarik ke halaman hasil mesin pencari (SERP) dan membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang menggunakan FAQ untuk SEO.

 

Di mana FAQ Muncul di SERPs

 

Selama beberapa tahun terakhir, jawaban FAQ telah bermunculan di Google, karena raksasa mesin pencari terus menyesuaikan halaman hasil untuk pengalaman pengguna yang lebih baik dan menjawab pertanyaan. Dua tempat paling umum di mana fitur tanya jawab dalam pencarian akan ditampilkan adalah di People Also Ask dan Position Zero.

 

People Also Ask

people also ask

 

Ruang paling umum di SERP Google tempat FAQ muncul adalah di kotak Orang Juga Tanya. Setiap kali pengguna Google mengajukan pertanyaan, halaman hasil pencarian mungkin menyertakan bagian Orang Juga Bertanya dengan jawaban yang dikuratori dari Anda dapat menebaknya situs web yang telah menjawab pertanyaan ini di konten mereka. Pemeringkatan dalam kotak PAA bekerja mirip dengan peringkat pada SERP normal, kecuali kotak ini hanya menunjukkan hasil teratas untuk setiap pertanyaan. Untuk mencoba dan masuk ke kotak PAA, penting untuk membuat konten FAQ di halaman yang berkualitas dengan pengoptimalan kata kunci yang baik.

 

Position Zero

position zero by niagahoster

 

Lebih dikenal sebagai Cuplikan Unggulan, Posisi Nol adalah posisi teratas di SERP yang disediakan untuk hasil yang menurut Google paling baik menjawab permintaan pencarian yang dimaksud. Position Zero menampilkan cuplikan konten dari situs web, dan dapat mencakup apa saja mulai dari paragraf hingga satu kalimat atau daftar berpoin. Tempat yang sangat didambakan ini adalah tempat yang bagus untuk tampil di depan pencari di Google dan dalam banyak kasus, Position Zero dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web yang mengklaim tempat tersebut, karena situs tersebut dipandang sebagai otoritas yang berkualitas.

 

Kiat untuk Membuat FAQ yang Kuat

 

Jika Anda ingin meningkatkan kemungkinan bahwa konten situs web Anda akan ditemukan di tempat People Also Ask atau Position Zero di Google, Anda perlu membuat konten FAQ yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat.

 

Lakukan Riset Anda

 

Sebelum Anda membuat FAQ, Anda perlu mengidentifikasi pertanyaan umum yang ditanyakan pelanggan Anda (dan pencari lainnya) secara online. Ini dapat membantu Anda menulis konten pertanyaan jawaban yang lebih bertarget. Mulailah dengan melihat pertanyaan yang muncul di halaman hasil mesin pencari untuk hal-hal yang terkait dengan bisnis Anda. Anda bahkan dapat menarik ide dari kotak People Also Ask yang ada dan pencarian terkait di bagian bawah SERP Google. 


Selain itu, Anda harus melakukan riset kata kunci untuk menghasilkan daftar kata, frasa, dan pertanyaan yang digunakan orang di Google untuk menemukan informasi. Dengan begitu, Anda dapat menargetkan kata kunci tersebut di FAQ Anda. Misalnya, jika Anda seorang mekanik, Anda mungkin menemukan kata kunci seperti “layanan mekanik” dan pertanyaan seperti “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti oli?” Ini dapat memberi Anda titik awal untuk mengembangkan konten Anda. 


Tempat hebat lainnya untuk menemukan ide untuk pertanyaan adalah dengan melihat jenis penelusuran yang Anda tampilkan melalui cantuman Google Bisnisku. Informasi yang dapat Anda tarik dari wawasan Google Bisnisku dapat menunjukkan kueri penelusuran yang tepat yang digunakan oleh pencari Google untuk menemukan cantuman Anda. 

 

Optimalkan Pertanyaan & Jawaban Anda

 

Saat Anda menyusun FAQ di situs web Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda telah mengoptimalkan konten—yaitu, Anda telah mempermudah Google untuk menemukan, memahami, dan mengindeks konten.

 

  • Ikuti Pemformatan yang Benar:
    Gunakan tag tajuk di sekitar pertanyaan dengan teks isi biasa untuk jawaban. Ini tidak hanya secara visual mewakili pentingnya informasi pada halaman, tetapi juga memudahkan pengunjung situs web dan mesin pencari untuk menemukan informasi yang relevan.
  • Memasukkan Kata Kunci & Frasa:
    Pastikan Anda menggunakan kata kunci dan frasa yang Anda temukan dalam penelitian kata kunci Anda. Dengan menulis pertanyaan dan jawaban secara strategis menggunakan kata dan frasa yang sering dicari, Anda dapat meningkatkan peluang konten Anda muncul di SERP Google.
  • Jawab Pertanyaan dengan Jelas & Cepat:
    Cobalah untuk menjawab pertanyaan yang diajukan di header dalam kalimat pertama paragraf jawaban, jika memungkinkan. Semakin dekat Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan di tata letak halaman, semakin besar kemungkinan Google akan menemukannya dan mengindeksnya untuk permintaan pencarian yang relevan.
  •  

    Tambahkan Skema FAQ

     

    Mungkin taktik SEO on-page yang paling penting di sini adalah skema FAQ. Jika Anda belum pernah mendengar tentang markup skema (atau data terstruktur) sebelumnya, ini pada dasarnya adalah bahasa digital yang memberi tahu Google tentang halaman web dan bagaimana halaman itu harus diindeks. 


    Jadi, dalam hal ini, Anda akan menambahkan data terstruktur FAQ di sekitar konten FAQ Anda di halaman web untuk memberi tahu Google bahwa informasi spesifik ini harus dikategorikan dan digunakan untuk hasil pencarian tanya-jawab. Ini dapat meningkatkan peluang konten Anda ditarik ke People Also Ask dan Position Zero spot di SERPs.

     

    Buat FAQ Khusus Halaman

     

    Meskipun merupakan ide yang baik untuk memiliki halaman yang dirancang khusus untuk Pertanyaan yang Sering Diajukan di situs web Anda, Anda juga dapat menambahkan lebih banyak konten FAQ dan data terstruktur ke situs Anda dengan menyertakan konten pertanyaan-jawaban di halaman web lain. Misalnya, Anda dapat menambahkan FAQ ke halaman produk, halaman layanan, atau bahkan halaman lokasi. 


    Ini tidak hanya memberikan lebih banyak jawaban untuk pertanyaan spesifik yang mungkin dimiliki pelanggan tentang bisnis Anda, layanan Anda, produk Anda, atau cara menghubungi Anda, tetapi juga lebih mengoptimalkan halaman web Anda dengan menyediakan lebih banyak konten yang dapat diindeks untuk Google tarik ke SERPs .

Next Post Previous Post