Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan SEO Lokal

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Keluarkan ponsel Anda, buka Google, dan cari restoran jakarta terbaik. lalu Apa yang kamu lihat? Hasil teratas, biasanya bukan gabungan jakarta terbaik di bandung dan kemungkinan besar bukan bagian dari rantai besar. Mereka sering kali merupakan restoran milik lokal di kota Anda yang dekat dengan tempat Anda berada sekarang. Itulah kekuatan SEO lokal. Bagaimana bisnis kecil Anda dapat menggunakan SEO lokal untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan online? Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut! 

 

Apa itu SEO Lokal?

 

Optimisasi mesin pencari lokal adalah bagian dari optimisasi mesin pencari (atau SEO) yang berfokus pada peningkatan visibilitas bisnis lokal dalam hasil mesin pencari lokal. Hasil yang muncul di hasil pencarian lokal biasanya menjawab pertanyaan yang dimaksud "di dekat saya", yang berarti bahwa seorang pencari sedang mencari sesuatu "di [Kota]" atau mesin pencari telah memahami bahwa ada batasan geografis untuk pencarian. 


Dengan menggunakan strategi pengoptimalan pencarian lokal, bisnis dapat meningkatkan visibilitas mereka di hasil pencarian lokal ini untuk istilah yang terkait dengan bisnis dan produk atau layanan mereka.

 

Mengapa SEO Lokal Penting untuk Bisnis Kecil?

 

Hampir setengah dari semua kueri Google saat ini adalah penelusuran lokal. Bahkan saat seseorang melakukan penelusuran harian biasa, peluang Google menampilkan bisnis lokal di sekitar tetap tinggi.
Mengapa itu penting untuk usaha kecil? Nah, dari 2017 hingga 2021, Google melaporkan peningkatan 900% dalam pencarian yang melibatkan frasa “dekat saya hari ini/malam ini.” Dalam upaya terbaik untuk memenuhi kebutuhan pencarinya, Google mulai memberikan lebih banyak hasil untuk pencarian terkait geografis berdasarkan: 

 

  • Kedekatan
  • Relevansi
  • menonjol

 

Artinya, jika bisnis Anda dekat dengan tempat seseorang melakukan pencarian mereka, menawarkan layanan atau produk yang mungkin mereka cari, dan telah mengoptimalkan cantuman bisnis lokal, maka kemungkinan besar Anda akan ditemukan oleh calon pelanggan secara online. 

 

Apa Manfaat SEO Lokal?

 

Selain mendapatkan visibilitas yang lebih baik di halaman hasil mesin pencari Google (SERPS), berinvestasi dalam SEO lokal memiliki keuntungan lain untuk bisnis kecil. 

 

Solusi Pemasaran Hemat Biaya

 

Meskipun memerlukan waktu dan upaya untuk mengelola informasi bisnis Anda di direktori online, Anda biasanya dapat menyiapkan cantuman bisnis lokal di seluruh web secara gratis dengan alat seperti Google Bisnisku dan Facebook, yang menjadikan SEO lokal pilihan yang lebih hemat biaya untuk iklan online . 

 

Membantu Pelanggan Lokal Menemukan Anda

 

72% konsumen yang menelusuri bisnis lokal mengunjungi toko dalam jarak lima mil. Jadi, jika Anda ditemukan di hasil pencarian lokal atau di Google Maps, ada peluang lebih besar untuk mendapatkan prospek baru untuk bisnis kecil Anda. 

 

Menjangkau Pelanggan yang Siap Membeli

 

80% dari penelusuran lokal yang dilakukan di perangkat seluler dikonversi menjadi penjualan. Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa SEO lokal menempatkan Anda di depan pelanggan pada saat yang tepat mereka mencari produk atau layanan, membuat mereka lebih mungkin untuk membeli atau setidaknya menanyakan informasi lebih lanjut. 

 

Memberikan Lalu Lintas Pencarian yang Lebih Berkualitas

 

Penelusuran lokal dapat membantu menyingkirkan penelusur yang kemungkinan tidak akan menghubungi bisnis Anda. Ini bukan karena mesin pencari melakukan upaya bersama untuk melindungi bisnis dari pelanggan, tetapi karena mereka ingin memberikan hasil lokal yang relevan berdasarkan kedekatan dan niat. Jadi seseorang yang berjarak 50 mil mungkin tidak akan melihat perusahaan HVAC Anda muncul dalam pencarian, tetapi orang yang hanya berjarak lima mil akan melihatnya. 

 

Bagaimana Bisnis Kecil Dapat Menggunakan SEO Lokal?

 

Tindakan yang dapat dilakukan bisnis kecil Anda untuk meningkatkan visibilitas di SERP lokal lebih sederhana dari yang Anda kira. Berikut adalah beberapa cara termudah untuk meningkatkan upaya SEO lokal Anda.

 

Buat Kutipan Lokal yang Akurat dan Konsisten

 

Kutipan lokal adalah contoh di mana nama bisnis, alamat, dan nomor telepon Anda disebutkan secara online misalnya, cantuman bisnis lokal. Di mana pun Anda menambahkan kutipan lokal di web, pastikan informasi Anda benar dan digunakan dalam format yang konsisten setiap saat. Ini membantu mesin pencari mempercayai data Anda. 

 

Daftarkan Bisnis Anda di Direktori Lokal Online

 

Menyiapkan daftar bisnis lokal di mesin pencari utama dan direktori bisnis online seperti Google Bisnisku, Yelp, Yext, Bing Places, dan Facebook memudahkan mesin pencari untuk memverifikasi bahwa bisnis Anda sah dan data Anda benar. (Sekali lagi, pastikan data Anda akurat dan konsisten!)

 

Menyiapkan & Memelihara Profil Google Bisnisku

 

Dengan membuat profil Google Bisnisku untuk bisnis kecil Anda, Anda dapat memasukkan informasi bisnis Anda langsung ke Google Penelusuran dan Google Maps. Belum lagi, berada di Google Bisnisku memungkinkan Anda memantau ulasan bisnis di Google, membuat pembaruan cepat pada jam buka Anda, dan bahkan mengikuti perkembangan pelanggan melalui fitur seperti Google Postingan.

 

Tanggapi Ulasan Secara Teratur (Baik & Buruk)

 

Meluangkan waktu untuk menanggapi ulasan online menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dan dapat menjadi sinyal positif untuk peringkat pencarian lokal. Meskipun mendapatkan lebih banyak ulasan bisnis mungkin memerlukan upaya, begitu Anda mulai menerimanya, Anda harus siap untuk merespons terlepas dari apakah ulasan itu positif atau negatif.

 

Tambahkan Konten Hyperlocal ke Situs Web Anda

 

Menyertakan kata kunci lokal dalam salinan situs web Anda dapat berdampak besar. Secara khusus, memiliki pengenal bisnis seperti “dokter gigi di [KOTA, Prov]” yang terpasang di konten situs web Anda dapat membantu mesin telusur lebih memahami tidak hanya apa yang Anda lakukan, tetapi juga area lokal apa yang Anda layani. Ini berarti Anda lebih mungkin muncul jika seseorang di daerah Anda menelusuri "dokter gigi di dekat saya". 


Butuh bantuan untuk memulai SEO lokal? Jurnal SEO dapat membantu Anda mengklaim, mengelola, dan mengoptimalkan keberadaan pencarian lokal Anda. Pelajari lebih lanjut tentang pengoptimalan penelusuran lokal dan daftar ke solusi Bahan Bakar Penelusuran Lokal kami hari ini!

Next Post Previous Post