Tips Optimasi Seo untuk Blogger Pemula

Apa Itu SEO

 


mungkin bagi kamu seorang blogger pemula pasti sering mendengar kata SEO namun tidak mengerti apa itu SEO sebenarnya. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya cara mengoptimalkan mesin telusur pada suatu pencarian.

fungsi mengoptimalkan SEO yaitu untuk meningkatkan traffic atau untuk membuat konten menjadi lebih terlihat di dalam beranda google ataupun beranda mesin pencari lainya.

untuk mengoptimalkan mesin telusur ada banyak sekali cara yang dihadapi dan juga trik  yang harus dipelajari. untuk itu para pakar SEO selalu mengembangkan kemampuannya dalam mengotimalkan mesin pencari.

bagi kamu blogger pemula ada baiknya mempelajari SEO dengan baik dan benar karena percuma konten atau blog yang kamu buat tidak ada pengunjungnya. disini saya akan memberikan semua tips bagi para blogger pemula untuk optimasi SEO agar artikel page one.


Tips Seo untuk Blogger Pemula


Gunakan domain berbayar


pastinya bagi yang ingin belajar membuat blog tentu lebih berminat menggunakan domain gratis, selain tidak perlu membayar domain gratis juga tidak perlu perpanjangan alias gratis selamanya. 

tetapi sebenarnya domain gratis tidaklah cocok bagi orang yang ingin mengembangkan blog atau websitenya dengan serius. karena domain yang gratis tidak mempunyai nilai brand yang bagus serta unik bagi para penggunanya.

untuk itu saya lebih menyarankan menggunakan domain berbayar, selain menambah nilai pada brand website atau blog, domain berbayar juga memiliki nilai lebih pada mesin telusur itulah sebabnya mengapa para pakar SEO selalu menggunakan domain berbayar seperti .com .xyz dan lainya.

itu semua karena algoritma google lebih menyukai domain yang memiliki nilai dan kualitas tinggi. selain itu domain berbayar juga lebih mudah di terima pengajuan adsense.


Penggunaan meta tag


Meta tag pada blogger ataupun wordpress juga merupakan faktor optimasi SEO yang tidak kalah penting. fungsi meta tag yaitu untuk mempermudah mesin telusur google dalam mengindek artikel ataupun konten yang dibuat.

seperti halnya dalam pencocokan kata kunci (Keyword) jika blog yang tidak ditambahkan meta tag maka kecocokan kata kunci pada mesin pencarian google akan kesulitan dalam merayapi isi konten yang dibuat untuk itulah perlu dipasangkan meta tag.


Setting tautan dengan benar


Gunakan tautan yang benar dan memiliki kata kunci yang tepat, setting tautan yang benar jangan sampai tautan yang kamu buat memiliki hasil buruk atau seperti pisau bermata dua yang bisa menyebabkan blog tidak memiliki nilai bagus dimata google.

Blog yang memiliki tautan buruk seperti halnya blog yang terkena broken link karena kesalahan ketikan pada tautan yang menyebabkan tautan tersebut tidak berfungsi dengan baik. itulah mengapa tautan perlu disetting sedemikian rupa dengan baik.

tautan yang terkena broken link biasanya akan kesulitan dalam pengajuan iklan adsense. bagi kamu yang baru memulai membuat blog dan ingin mengiklankan blog dengan google adsense ada baiknya periksa sampai broken link hilang dan tidak terlihat agar adsense bisa menyetujui blog kamu.


Perhatikan penggunaan kata kunci


Gunakan kata kunci yang tepat, kata kunci yang tepat dapat meningkatkan traffic blog. sebelum memulai membuat konten atau artikel usahakan untuk terlebih dahulu riset kata kunci dengan cara melihat kata kunci mana yang banyak pengunjungnya.

dengan demikian kamu tidak akan kehilangan view atau bisa menambahkan jumlah view yan ada ke blog.

sesuaikan kata kunci dengan niche atau topik utama, jangan sampai mencampur kata kunci dengan pembahasan yang diluar topik blog. karena hal itu dapat dinilai google sebagai low value content atau content yang bernilai rendah karena tidak relevan dengan konten lainya.


Perhatikan penggunaan label


untuk Label yaitu pengelompokan jenis artikel yang sama pada postingan, hal ini sangat penting karena dapat mempermudah mengenal topik yang sama pada artikel yang sama.

tanpa adanya label pengunjung akan kesulitan untuk melihat topik atau mencari artikel yang sama. hal ini juga membawa pengaruh penting dalam optimasi seo karena dengan adanya label google akan selalu merayapi blog kamu.

dengan perayapan yang tepat akan membawa blog kamu mencadi blog yang berkualitas tinggi sehingga kemungkinan dapat menjadikan blog tersebut sebagia blog rujukan untuk masuk ke page one.

walaupun label yang dibangun tidak memiliki keyword yang terstruktur namun akan lebih baik jika memiliki label dari pada tidak memiliki sama sekali.


Optimalkan judul posting Blogger


Jika kamu pernah membaca berita di media online ternama, pastinya kamu tahu bahwa yang bikin penasaran hanya judul sedangkan isinya hanya sebuah berita receh. jadi judul merupakan tempat unuk menarik orang - orang membaca artikel yang dibuat.

bayangkan jika judul tidak menarik maka tidak akan ada orang yang membaca tulisan kamu ini. judul yang menarik dan di optimalkan akan menghasilkan traffic yang organik pula dan juga menghasilkan uang yang berlimpah.

judul yang menarik tidak selalu mengandung sebuah kata - kata yang unik. akan tetapi judul yang menarik adalah judul yang ada kata kunci di dalamnya serta memiliki volume traffic yang tinggi dan tidak ada artikel yang membahasnya salain dirimu.

dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak view dan cuan dari adsense dengan cepat.


Gunakan Permalink Sederhana


Permalink juga termasuk kedalam alat SEO karena biasanya google akan melihat permalink dahulu sebelum judul dengan begitu permalink jika ditambahkan dengan kata kunci yang tepat akan menghasilkan pola SEO yang bagus.

Pola permalink ada baiknya dibuat dengan keyword yang memiliki banyak traffic tetapi jangan terlalu panjang. permalink yang panjang cenderung membuat algoritma google kebingungan karena untuk merayapi perlu kecepatan dan waktu.

untuk itu coba kamu lihat artikel dengan permalink sedikit pasti hampir semuanya memiliki permalink pendek. jadi usahakan gunakan permalink pendek dan memiliki keyword yang tepat.


Tambahkan Gambar atau Video


Gunakan gambar dan video karena google akan sangat senang jika ada konten yang memiliki kelengkapan alias lengkap dari segi visual seperti gambar dan video.

artikel yang memiliki kelengkapan konten akan menambah citra yang sangat baik karena tidak ada atau jarang sekali orang yang memiliki konten lengkap. hampir rata konten google hanya sebatas tulisan.

jika kamu memiliki konten yang lengkap saya rasa peluang untuk bisa menjadi page one google akan cepat.


Optimasi Gambar


Jika gambar dan video semua nya sudah dimasukan maka kamu perlu kembali optimasi gambar, google memiliki algoritma yang bisa mengindentifikasi gambar. untuk itu ada baiknya kamu membuat gambar dan menambahkan kata kata di dalam gambar.

kata kata tersebut harus mengarahkan ke keyword yang sedang kamu bidik. sehingga algoritma google bisa mengetahui apa maksud di dalam artikel yang sedang kamu buat itu dan ingat jangan sampai tidak memasukan atau optimasi gambar.

gambar juga merupakan sumber traffic bahkan juga sebagai sumber backlink yang bagus untuk blogger pemula.


Manfaatkan Heading dan Subheading


manfaatkan semua menu yang ada pada blog seperti subheding dan heading dengan begitu blog kamu akan memiliki sebuah struktur judul yang sesuai  dengan kaidah penulisan SEO, Heading dan subheading ini digunakan untuk menentukan judul - judul kecil yang penting di artikel kamu.


Baca Juga : Beda Vps dan RDP


selain itu dengan memasukan subheading akan membuat google dapat meringkas pencarian dibandingkan tanpa subheading ataupun heading. hal ini juga yang membuat kebanyakan artikel bisa muncul di pencarian google.


Letakkan Focus Keyword di 100 Kata Pertama


ada baiknya setiap artikel yang dibuat harus meletakan keyword atau kata kunci di 100 kata pertama karena 100 kata pertama merupakan jangkauan tercepat google merayapi artikel yang dibuat dengan begitu kata kunci yang kamu bidik akan terlihat oleh mesin pencari.

selain meletakan kata kunci di 100 kata pertama ada baiknya kamu menyebar keyword di semua isi artikel kamu dengan tepat. karena ini merupakan faktor SEO yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang untuk meningkatkan kualitas traffic blog.


Gunakan Tema Responsif (Mobile Friendly)


hal yang satu ini juga penting jika kamu belum memiliki adsense ada baiknya menggunakan tema yang responsif untuk mendaftar adsense selain itu juga tema yang mobile friendly atau biasa disebut ramah kecepatan ini akan membuat blog lebih cepat dan stabil dalam loading.

ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa blog dengan kecepatan tinggi dan responsif akan membuat pembaca betah berlama-lama di artikel yang dibuat. dibandingkan  dengan blog yang tidak mobile friendly.

salah satu alasan utamanya adalah pembaca akan mudah bosan karena menunggu loading yang terlalu lama dan juga tidak mobile friendly yang sesuai dengan kondisi perangkat mobile yang mereka gunakan.


Tingkatkan Kecepatan Website


selain kecepatan mobile friendly kamu juga perlu meningkatkan kecepatan pada blog atau website kamu, jika  digunakan di pc atau pun ponsel. jangan sampai kecepatan di mobile saja yang diperbaiki sedang di pc tidak.

karena pembaca blog di pc juga sangat banyak ada baiknya kamu fokus pada perbaikan keduanya dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak pengunjung blog dan juga cuan yang berlimpah.


Sisipkan Outbound Link


outbound link merupakan link yang mengarah ke website lain sebagai contoh nya seperti web atau situs yang kamu ambil konten nya untuk dijadikan sebuah rujukan. saya sebenarnya tidak menyarankan memasang outbound link. 

Tapi jika konten yang kamu buat seperti artikel kesehatan artikel pendidikan maka outbound link sangat bagus untuk SEO blogger karena menjadikan itu rujukan terpercaya.


Maksimalkan Internal Link


internal link atau link yang mengarah artikel lain ini juga merupakan alat SEO yang sangat kuat untuk meningkatkan rank keyword gunakan internal link pada keyword karena internal link dengan membidik keyword akan meningkatkan traffic dan membuat pola yang terstruktur.

gunakan internal link yang mengarah pada artikel yang sama. jangan gunakan internal link mengarah pada situs atau artikel yang tidak sesuai dengan pembahasan utama. karena itu akan berdampak buruk pada kualitas SEO blogger kamu.


Gunakan LSI Keyword


apa itu LSI Keyword adalah Latent Semantic Indexing keyword jika kamu mengetikan kata kunci pada mesin pencarian google maka kamu akan mendapatkan kata - kata tambahan di belakannya pada mesin pencarian. itulah yang disebut LSI keyword.

Kata kunci tambahan itu bisa digunakan untuk membuat judul atau heading dan subheading pada blog kamu. LSI biasanya jadi salah satu pedoman SEO untuk melihat seberapa banyak orang mencari kata kunci tersebut.

dengan begitu kamu bisa menambah keyakinan bahwa kata kunci tersebut memang dicari oleh orang dan pasti ada pengunjungnya.


Tambahkan Tombol Share Media Sosial


Jangan lupa tambahkan tombol share media sosial karena dengan begitu kamu bisa share artikel dan juga orang yang mengunjungi artikel kamu dapat membagikan informasi nya dengan cepat.

share ke media sosial juga merupakan aktifitas yang bagus untuk mendapatkan traffic dan berpengaruh pada mesin pencari. biasanya media sosial menjadi ladang backlink dan juga sumber traffic bagi  blogger pemula.


Perhatikan Panjang Konten


panjang konten merupakan hal relatif menurut saya. untuk menjadi page one bukan hanya tentang konten saja yang perlu di perhatikan tetapi harus dilihat secara keseluruhan namun ada baiknya kamu membuat konten secara lengkap dan padat.

konten yang lengkap dan pada isinya akan membuat artikel tersebut tahan jauh lebih lama di page one dibandingkan konten yang hanya sedikit artikel nya.


Pastikan Buat Konten Berkualitas dan Solutif


buatlah konten dengan kualitas tinggi dan solutif tidak abal abal. konten yang memiliki nilai estestika dan isi yang bagus dapat membuat itu sebagai konten yang memiliki nilai lebih dimata google.

jika google sudah menyukai konten yang berkualitas pada blog kamu maka apapun cara yang dilakuka para kompetitor blogger akan kesulitan untuk menurunkan peringkat artikel yang kamu buat.

untuk itu jangan jadikan konten sekedar dibuat saja tetapi harus konsisten dan fokus serta sungguh-sungguh dalam membuat sebuah konten.


Atur Link Jadi Open in New Tab


biasanya para blogger pemula tidak menyukai link open new tab. namun sebenarnya ini sangat penting karena dengan mengatur link open new tab ini orang yang membaca pasti akan meninggalkan jejak artikel sebelumnya.

dengan begitu kamu sudah dapat memuat dua kunjungan baru dan juga iklan adsense akan tampil dengan leluasi di tab yang belum ditutup.

alhasil pendapatan akan meningkat dan juga kunjungan akan memiliki kualitas tinggi dan pastinya hal ini tidak di angap robot oleh mesin telusur google.


Backlink konten


untuk yang terakhir ini merupakan suatu hal yang sangat-sangat penting. sebagus apapun konten kamu tentu akan ada banyak sekali pesaing bahkan ada jutaan orang yang membuat artikel yang sama seperti artikel kamu.

untuk menyaingi mereka kamu harus ngebacklink blog domain atau artikelnya agar artikel yang kamu buat bisa terdorong kedepan dan bertahan lama di halaman utama mesin pencari google ini.

backlink juga sebagai sumber untuk meningkatkan traffic tanpa adanya backlink traffic kamu akan sangat sedikit.


Kesimpulan


mungkin hanya itu saja pembahasan saya kali ini. ada baiknya bagi kamu yang ingin optimasi SEO blogger lakukan cara di atas selama 3 bulan penuh. karena keberhasilannya akan terlihat setelah 3 bulan atau sebelum 3 bulan.

hal ini tergantung jenis konten atau niche yang kamu buat, usahakan buat topik yang tidak terlalu tinggi pesaing karena mereka juga memiliki trik SEO tersendiri.

untuk kamu yang ingin mendapatkan traffic yang cepat ada baiknya membaca artikel dibawah ini.


Baca Juga : Cara meningkatkan traffic blog dengan Pinterest

Next Post Previous Post