Cara Membuat Situs Web Anda Lebih Mobile-Friendly

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Dengan 52,2% dari semua lalu lintas situs web yang dihasilkan oleh perangkat seluler dan rilis luas indeks seluler pertama Google, sangat penting bagi Anda untuk memiliki situs web yang ramah seluler. Keramahan seluler tidak hanya memudahkan pengunjung situs untuk menggunakan dan menavigasi situs web Anda, tetapi juga dapat membantu web Anda muncul di hasil mesin telusur yang relevan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat situs web Anda siap untuk seluler!

 

Pilih Desain Ponsel yang Tepat

 

Saat mengoptimalkan kehadiran web untuk seluler, Anda memiliki tiga opsi desain web umum untuk dipilih: responsif, adaptif, dan mDot. Desain web responsif menyesuaikan dengan ukuran layar dan orientasi perangkat, sehingga situs web Anda akan terlihat dan berfungsi dengan cara yang sama di desktop dan seluler. 


Desain web adaptif menggunakan seperangkat tata letak tetap yang berubah dari perangkat ke perangkat berdasarkan ukuran layar. Dan terakhir, situs web mDot dirancang sepenuhnya untuk penggunaan seluler dan berada di domain terpisah dari situs web desktop Anda. Semua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pastikan untuk melakukan riset sebelum memutuskan salah satunya. 

 

Ikuti Kepatuhan ADA

 

Saat membuat situs web yang ramah seluler, Anda harus memastikannya sesuai dengan Undang-Undang Penyandang Disabilitas Amerika (ADA). Mengikuti panduan ini tidak hanya akan membuat situs web Anda lebih mudah diakses oleh pengunjung situs, tetapi juga dapat meningkatkan peringkat mesin telusur Anda, karena Google memprioritaskan situs web dengan pengalaman pengguna yang baik. Beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mendesain situs web yang sesuai dengan ADA termasuk menambahkan teks ALT ke gambar, memastikan desain teks mudah dibaca, dan menggunakan ajakan bertindak yang jelas. 

 

Pertimbangkan Jangkauan Jari

 

Jangan lupa tentang zona jempol saat mendesain situs web seluler! Ini adalah area pada perangkat seluler tempat ibu jari pengguna berinteraksi dengan layar dengan paling nyaman. Saat menempatkan tombol beranda, menu situs web, tombol CTA, dan elemen interaktif lainnya dari situs web Anda, pastikan semuanya berada dalam jangkauan zona jempol. Cobalah untuk menjaga tombol di dekat bagian tengah halaman juga sehingga pengguna tangan kanan dan tangan kiri dapat dengan mudah mengaksesnya.

 

Space Out Elemen yang Dapat Diklik

 

Untuk memastikan pengguna tidak akan kesulitan menavigasi atau mengakses situs Anda, sisakan ruang yang cukup untuk elemen yang dapat diklik. Elemen yang dapat diklik mencakup tautan atau tombol apa pun yang dapat diketuk pengguna Anda. Jika mereka terlalu berdekatan, pengguna mungkin secara tidak sengaja mengetuk tombol tetangga, bukan yang mereka inginkan. Pertahankan ukuran target sentuh Anda sekitar 48 piksel untuk membantu memastikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan mudah didekati.

 

Jangan Lupa Ukuran Tombol Seluler

 

Untuk membantu pengalaman pengguna di situs seluler Anda, Anda harus memikirkan penempatan dan ukuran tombol yang diklik pengguna seluler. Saat pengunjung Anda mencoba mengetuk tombol dengan jari mereka, Anda tidak ingin tombol Anda terlalu kecil atau dekat dengan tombol lain. Saat mendesain tombol, pertahankan ukuran antara 42 dan 72 piksel, tergantung pada prioritas tombol. Untuk jarak, izinkan 12-48 piksel di antara tombol.

 

Tingkatkan Kecepatan Situs

 

Penelitian tentang kecepatan halaman seluler menunjukkan bahwa pengunjung situs sering pergi jika situs web membutuhkan waktu lebih dari lima detik untuk dimuat. Ini dapat berdampak negatif pada visibilitas mesin pencari Anda secara keseluruhan karena, sekali lagi, Google memberikan preferensi ke situs web dengan pengalaman yang baik.
Untuk membantu kecepatan situs terutama jika halaman Anda memiliki banyak konten, termasuk gambar dan video gunakan halaman seluler yang dipercepat, hapus semua data yang berlebihan atau tidak perlu dengan memperkecil file HTML dan CSS situs web Anda, dan periksa kembali paket hosting Anda.

 

Kompres Semua Gambar

 

Untuk meningkatkan kecepatan situs dan pengalaman pengguna dengan kehadiran web seluler Anda, pastikan untuk mengompres gambar. Anda ingin memiliki ukuran gambar sekecil mungkin sambil tetap menawarkan kepada pengunjung situs citra yang bersih dan tajam untuk dilihat. Pertahankan lebar gambar antara 200-250 piksel agar gambar tidak terdistorsi atau memakan terlalu banyak ruang.

 

Pilih Font yang Mudah Dibaca

 

Penting untuk mempertimbangkan ukuran font dan tipografi saat membuat situs Anda lebih mobile-friendly. Font yang terlalu kecil atau besar di perangkat seluler dapat memengaruhi keterbacaan situs Anda. Pastikan font body berukuran sekitar 16 piksel Anda tidak ingin pengunjung memperbesar dan memperkecil saat membaca situs Anda. Seiring dengan ukuran font, pertimbangkan jenis font yang Anda gunakan. Sebaiknya gunakan font sans-serif seperti Helvetica atau Open Sans, karena font ini lebih mudah dilihat di layar kecil. 

 

Hapus Semua Popup

 

Menghilangkan popup agar tidak muncul di situs seluler Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Karena pengunjung situs memiliki layar yang lebih kecil untuk digunakan, akan lebih sulit untuk menutup popup. Tentu saja, popup masih baik-baik saja dengan desain web desktop, tetapi sebaiknya hindari dengan desain yang ramah seluler. 

 

Uji Pengalaman Situs Anda

 

Untuk memastikan bahwa Anda menawarkan pengalaman web seluler terbaik kepada pengunjung situs, uji situs Anda di ponsel cerdas atau perangkat seluler lainnya. Cari masalah aksesibilitas, periksa tombol dan tautan, perhatikan kecepatan pemuatan halaman, catat masalah kompatibilitas gambar atau video, dan banyak lagi. Saat menguji situs Anda, Anda berpotensi dapat menangkap dan memperbaiki masalah yang mungkin dihadapi pengunjung situs Anda.

Next Post Previous Post