Panduan Cara Lengkap Optimasi Tag Judul

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Tag judul adalah bagian penting dari strategi SEO di halaman Anda. Berikut adalah delapan aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat mengoptimalkan tag judul Anda untuk pencarian  Tag < i le> sangat penting agar strategi SEO berhasil. 


Tag judul yang hilang, duplikat, dan ditulis dengan buruk semuanya dapat berdampak negatif pada hasil SEO Anda. 


Jangan biarkan ini terjadi pada Anda.  Bab ini akan membantu Anda memahami apa yang diperlukan untuk menulis dan mengoptimalkan tag judul yang bagus. 

 

Apa itu Tag Judul?

 

Tag judul adalah tag HTML yang ada di bagian kepala setiap halaman web. Ini memberikan isyarat atau konteks awal tentang apa materi pelajaran topikal dari halaman masing-masing. 


Tag judul ditampilkan secara mencolok di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai tautan yang dapat diklik) serta di jendela browser. 


Selain dua tempat tersebut, tidak terlihat seperti konten web lain pada halaman tertentu (mis., body copy, konten gambar, dan aspek lainnya) yang akan langsung dilihat pengguna saat membuka halaman. 


Tag judul bukanlah elemen visual yang akan dilihat pengguna di halaman web, sehingga tag judul terkadang dapat diabaikan. 


Pada saat yang sama, tag judul dengan sendirinya memiliki sedikit dampak pada peringkat organik. Tidak ada satu item saja yang ajaib atau kuat terutama jika konten Anda berkualitas rendah atau Anda mengabaikan SEO teknis.

 
Berikut adalah delapan aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat mengoptimalkan tag judul Anda untuk pencarian. 

 

Konteks Halaman Dalam Situs

 

Sebelum Anda dapat menulis tag judul yang dioptimalkan, Anda perlu tahu di mana halaman tersebut cocok dengan hierarki keseluruhan situs web. 


Tag judul halaman beranda akan jauh berbeda dari posting blog atau halaman produk.
Untuk situs web yang memiliki banyak halaman, mungkin sulit untuk membuat tag yang berbeda dari halaman ke halaman. Itulah mengapa memetakan situs Anda dan mengetahui di mana setiap halaman cocok dengan konteks materi pelajaran Anda adalah penting. 


Semakin dalam setiap halaman Anda masuk ke situs, semakin spesifik Anda bisa dan seharusnya.
Anda dapat mengulangi kata dan frasa tetapi harus lebih detail setiap langkah ke situs yang Anda kunjungi. 

 

Relevansi Topik Dalam Halaman

 

Langkah selanjutnya untuk memahami di mana halaman cocok dalam hierarki situs web secara keseluruhan adalah mengevaluasi konten pada halaman. 


Tag judul paling berdampak bagi mesin pencari dan pengguna ketika memperkenalkan topik halaman dan kata kunci penting yang sama digunakan dalam body copy, atribut alt gambar, deskripsi meta, URL, dan aspek halaman lainnya. 


Ini adalah latihan yang sia-sia untuk mengabaikan konten halaman saat menulis tag judul jika itu berkontribusi pada rasio pentalan yang lebih tinggi dan tidak dapat memberikan lebih banyak relevansi dengan topik halaman. 


Anda harus menggunakan kata-kata dalam tag judul yang juga digunakan di bagian lain halaman untuk menyatukan topik. 

 

Tag Unik

 

Tag judul duplikat tidak membantu pencari atau mesin pencari. Jika Anda memiliki tag duplikat, Anda akan melihatnya di Google Search Console atau laporan Alat Webmaster Bing dan Anda akan sering menemukan bahwa mesin pencari telah memilih untuk mengabaikan tag judul Anda dan menggunakan konten lain yang ditemukan di halaman Anda untuk teks tautan biru dalam SERP. 


Ketika beberapa halaman memiliki tag yang sama, tag tersebut tidak berguna untuk mesin pencari. Anda dapat menggunakan data yang disediakan di Google Search Console dan Alat Webmaster Bing untuk menemukan di mana Anda memiliki masalah serta menjalankan pengujian Anda sendiri melalui sejumlah auditor di halaman dan alat perayapan. 


Jika Anda memiliki tag duplikat di dalam situs Anda, tambahkan penulisan tag khusus ke rencana tindakan SEO Anda. 

 

Gunakan Opsi Dinamis Jika Memungkinkan

 

Jika Anda memiliki situs web besar, atau situs web yang menampilkan sejumlah besar data dinamis seperti situs web e-niaga temukan cara untuk mengkodekan tag Anda secara semantik. 


Sebagian besar sistem manajemen konten dan platform situs web akan secara otomatis menghasilkan tag judul untuk memulai. 


Jika Anda ingin mengganti atau menyesuaikan tag judul default dalam skala besar, bekerja samalah dengan pengembang Anda atau dalam pengaturan platform situs web Anda untuk menemukan cara menambahkan lebih banyak detail dan menyesuaikan pada tingkat yang berbeda. 


Semakin banyak Anda dapat menskalakan dan tidak perlu mengelola ratusan atau ribuan tag secara manual, semakin baik. 


Contoh struktur dinamis dapat mencakup beberapa teks standar di semua tag halaman produk tetapi dengan nama spesifik produk yang diisi dari database. 


Misalnya, itu bisa berupa “hadiah pengiring pria [nama_produk] dari The Man Registry.” Tanda kurung “product_name” akan menjadi variabel yang akan mengisi bagian judul tersebut dengan nama produk yang sebenarnya dalam database. 


Dalam hal ini, Anda tidak perlu menulis semua tag judul produk secara manual dan dapat memastikannya unik. Untuk kasus di mana Anda memiliki produk yang sama dengan variasi atau atribut seperti warna yang berbeda Anda juga dapat mencari cara untuk menambahkan lebih banyak variabel dari database. 

 

Penggunaan Kata Kunci Niat Pencari

 

Kita semua dapat berhubungan dengan saat-saat kita benar-benar ingin menemukan jawaban untuk sesuatu yang spesifik, namun situs peringkat teratas menjawab pertanyaan yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk konten hebat yang tidak diperhatikan. 


Mengetahui apa yang dicari audiens Anda, dan bagaimana mereka mencari, sangat penting untuk pengoptimalan tag judul. 


Jika Anda tidak tahu kata dan frasa apa yang digunakan orang saat mereka menelusuri, maka Anda berisiko salah menebak. 


Jangan melewatkan penelitian kata kunci atau mengabaikannya saat Anda mengoptimalkan tag judul.

 
Anda tidak perlu khawatir tentang setiap versi literal dari kata kunci atau frasa di era SEO berbasis konteks saat ini, tetapi Anda juga tidak dapat mengabaikan pencari dan maksud mereka. 


Tujuan Anda untuk tag judul yang dioptimalkan adalah untuk mencocokkan kata-kata yang Anda gunakan dengan apa yang sedang dicari selama maksud yang dirasakan adalah fokus dari konten halaman. 

 

Ajakan Bertindak di SERP

 

Ingat bahwa tag judul akan ditampilkan sebagai teks pada tautan biru di halaman hasil pencarian (SERP). 


Ini adalah real estat yang menonjol dan pesan yang ditampilkan di sini sangat memengaruhi keputusan pencari apakah akan mengklik ke situs Anda atau melanjutkan ke hasil pencarian berikutnya. 


Fokus Anda harus menjawab pertanyaan, kebutuhan, atau keinginan si pencari. Memiliki visi yang jelas tentang apa halaman Anda dan apa hasil yang diinginkan bagi Anda dan pengunjung Anda sangat penting. 


Jika Anda mencoba untuk mencapai terlalu banyak sasaran bisnis pada satu halaman, mungkin sulit untuk fokus dengan cukup jelas pada apa yang seharusnya menjadi ajakan bertindak (CTA). Jika Anda menemukan hal ini, pertimbangkan untuk membagi konten Anda menjadi lebih banyak topik dan halaman. 


Sama seperti seni menulis judul iklan teks PPC yang solid, tag judul harus sesuai dengan maksud pencari untuk mendapatkan klik mereka. 


Saat menulis tag judul Anda, ingatlah bahwa tag tersebut dipotong oleh Google dalam 70-71 karakter. Pengguna tidak akan melihat kata apa pun setelah jumlah karakter tersebut. 


Dapatkan kata-kata dan frasa penting Anda di sana. Singkat, langsung, dan prioritaskan kata-kata penting untuk muncul sedini mungkin di tag judul Anda. 

 

Jangan Mencoba Terlalu Keras

 

Hindari judul yang berulang dan terlihat seperti spam. Tahan godaan untuk berlebihan dengan tag judul Anda. 


Mesin pencari berfokus pada konteks bukan penggunaan kata kunci literal, frekuensi, dan kepadatan. 


Pilih kata-kata yang jelas untuk topik halaman dan maksud dan tetap menggunakannya di tag judul.
Anda dapat menggunakan area formulir yang lebih panjang dari halaman untuk menguraikan dan membangun konteks itu. 

 

Pertahankan Perspektif Dampak Tag Judul

 

Jangan terlalu menekankan pentingnya atau dampak dari tag judul saja. Meskipun Anda mungkin melihat tonjolan kecil dari mengoptimalkan semua tag judul di situs Anda, Anda tidak dapat berharap bahwa tag judul saja adalah kunci kesuksesan SEO Anda. Optimalisasi pencarian holistik jauh lebih penting. 


Dalam banyak kasus, pengoptimalan tag judul hanyalah awal atau titik masuk sampai Anda berada di puncak SERP – membuat penyesuaian kecil dan memiliki kemewahan menghabiskan waktu untuk terobsesi dengan perubahan kata-kata kecil untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap peringkat satu posisi di waktu 

 

kesimpulan

 

Tag judul hanyalah salah satu dari banyak elemen yang merupakan bagian dari rencana SEO menyeluruh. 


Dalam ruang hampa, tag judul bukanlah detail yang signifikan, tetapi bekerja dalam konteks dan hubungannya dengan semua faktor lain di halaman dalam satu halaman, dan bersama dengan semua halaman situs web, dapat menjadi faktor keberhasilan mendapatkan lebih banyak lalu lintas . 


Melalui dampak langsung CTA di SERPs untuk memberi sinyal tentang halaman tersebut, tag judul dapat membantu.

Next Post Previous Post