Macam-macam Tipe Tautan Dan Apakah Penting Untuk SEO?

Seputar SEO, Apakah Tautan Penting Untuk SEO?

 

Tautan adalah bagian penting dari SEO. Pelajari lebih lanjut tentang tautan masuk, keluar, dan internal dan bagaimana tautan tersebut dapat menguntungkan atau merugikan SEO Anda. 



Pada hari-hari awal SEO, bahkan sebelum Google ada, peringkat web sangat didasarkan pada penggunaan kata kunci dalam konten halaman. 


Tanpa algoritma mesin pencari yang canggih, penggunaan kata kunci adalah cara termudah untuk menentukan peringkat halaman. 

 

Logika sederhana adalah semakin banyak frasa kata kunci yang digunakan pada halaman web, semakin besar kemungkinan halaman tersebut sebenarnya tentang apa.

 

Sayangnya, praktisi SEO saat itu memanfaatkan sistem ini dan menggunakan kata kunci secara tidak wajar dengan menggunakan frase kata kunci yang ditargetkan secara berlebihan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. 


Metode ini sekarang dikenal sebagai isian kata kunci. Ini menyebabkan situs mendapat peringkat untuk frasa kata kunci bahkan ketika situs tersebut tidak memiliki banyak hal untuk ditawarkan pada suatu topik. 


Cara baru untuk melihat dan mengevaluasi situs pada peringkat apa dan apa yang tidak diperlukan dan harus melampaui menganalisis konten saja. 

 

Seiring munculnya Google dan PageRank

 

Google dimulai pada tahun 1996 melalui kemitraan antara pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin. 


Algoritme peringkat awal mesin telusur didasarkan pada algoritme PageRank, yang dikembangkan oleh dan dinamai berdasarkan Page saat dia mempelajari pencarian informasi di Universitas Stanford. 


Ide utamanya adalah menggunakan tautan antar halaman web sebagai faktor peringkat.
Halaman Tentang yang diarsipkan Google menyatakan bahwa

 

PageRank bekerja dengan menghitung jumlah dan kualitas tautan ke halaman untuk menentukan perkiraan kasar tentang seberapa penting situs web itu. Asumsi yang mendasarinya adalah bahwa situs web yang lebih penting cenderung menerima lebih banyak tautan dari situs web lain.

 

Jangan ragu untuk membaca semua tentang algoritma PageRank. Ini semua adalah informasi publik, dan paten PageRank dapat dilihat secara online gratis.

 
Ini adalah dokumen yang sangat teknis, dan pembaca mungkin memerlukan pemrograman yang lebih maju dan pengetahuan matematika untuk memahaminya secara keseluruhan. 


Alih-alih membaca semua detail di balik cara Google menganalisis dan mengevaluasi tautan, mungkin lebih bermanfaat untuk memahami mengapa algoritme ini bahkan melihat tautan sejak awal. 

 

Jenis Tautan Internal, Masuk, dan Keluar

 

Tautan atau hyperlink adalah objek yang dapat diklik pada halaman web yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya. Tautan dapat terlihat sebagai teks, gambar, atau tombol.

 
saya dapat mengklasifikasikan tautan berdasarkan tujuan tautan, apakah itu mengarahkan pengguna ke halaman lain di situs yang sama atau situs web yang berbeda. 


Tautan internal adalah tautan antara halaman dalam situs web Anda sendiri.

 
Mesin pencari menentukan ini dengan melihat nama domain; jika tautan pada halaman tertaut ke halaman lain dalam domain yang sama, tautan tersebut dianggap sebagai tautan internal. 


Jika karena alasan tertentu, situs web Anda dibuat untuk memiliki lebih dari satu domain, mesin pencari akan melihatnya sebagai tautan eksternal. 

 

Tautan masuk adalah tautan yang berasal dari situs web lain atau nama domain yang berbeda

Tautan keluar adalah tautan di situs web Anda yang menautkan ke situs web dengan nama domain yang berbeda.

 

Fokus Tautan Masuk, Tautan Alami dari Halaman Berkualitas Tinggi untuk Manfaat SEO Lebih Besar

 

Dari ketiga jenis tautan, tautan masuk adalah yang memiliki manfaat SEO terbesar, tetapi juga yang paling sulit didapat Halaman Berkualitas Tinggi Seperti Teman yang Anda Kunjungi untuk Mendapatkan Nasihat, dapat Dipercaya dan Memiliki Semacam Otoritas pada Topik Setiap kali ada halaman web yang menautkan ke halaman web lain, pembuat konten yang menggunakan tautan tersebut melakukannya karena suatu alasan. 


Seringkali, mereka menyukai halaman yang mereka tautkan karena memiliki informasi yang mendukung atau dibangun di atas informasi di halaman pertama. 


Di sisi lain, beberapa penulis menautkan ke halaman untuk alasan yang berlawanan mereka mungkin menautkan ke halaman yang ingin mereka kritik atau tidak setujui. 


Namun, kedua tautan ini bagus untuk halaman yang ditautkan. Apakah konten itu disukai atau dibenci, itu telah memicu reaksi keras, yang menunjukkan konten berkualitas. 


Jika konten halaman membuat seseorang berbicara, itu menunjukkan otoritas, kredibilitas, dan/atau kepercayaan. 


Dengan demikian, tautan di halaman seperti suara kepercayaan, kredibilitas, dan otoritas.
Semakin banyak tautan yang didapat halaman, semakin banyak suara yang mereka dapatkan, yang dapat meningkatkan peringkat mereka. 


Namun, jumlah tautan yang didapat halaman bukanlah yang terpenting. 


Google juga mengevaluasi kualitas tautan. Tidak Ada yang Suka Teman Palsu Terkadang Anda langsung mengidentifikasi orang palsu. Di lain waktu, itu tidak mudah. 


Hal yang sama berlaku ketika Google melihat halaman web. Tautan yang tampak seperti suara kepercayaan dapat dengan mudah dipalsukan menggunakan hal-hal seperti.

 

  • Forum daring.
  • komentar blog.
  • Buku tamu.
  • Wiki.
  • Profil media sosial.
  • Direktori artikel.
  • Situs Tanya Jawab.
  • Bookmark sosial.

 

Ini disebut tautan buatan. Terkadang, Google langsung mengidentifikasi bahwa tautan itu palsu, tetapi tidak selalu. Google memerlukan waktu beberapa saat untuk mengidentifikasi tautan buatan. 


Tautan buatan ini memiliki konsekuensi negatif untuk halaman. Peringkat halaman-halaman ini dengan tautan buatan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor peringkat yang memantau kualitas tautan, serta pembaruan algoritme, atau bahkan tindakan manual dari Google. 


Untuk memiliki tautan yang bagus dan alami, sebuah situs membutuhkan konten berkualitas yang dapat dipercaya, kredibel, dan berwibawa. 


Ini memungkinkan halaman untuk mendapatkan tautan alami dan berkualitas dari situs web lain, yang akan membantu peringkat mereka.
Tautan Masuk Masih Penting Bahkan Setelah Pembaruan Penguin Google Selama dekade terakhir, Google telah menerapkan serangkaian pembaruan algoritma penting. Salah satu pembaruan penting ini adalah Penguin.

Pembaruan Penguin Google kini telah menjadi bagian penting dari algoritma inti. Pembaruan Penguin memungkinkan Google untuk mengevaluasi kualitas tautan dengan lebih efektif. 


Tepat setelah pembaruan ini, beberapa profesional SEO awalnya mendapat kesan bahwa tautan tidak lagi penting; Namun, ini tidak terjadi. 


Tautan penting dalam peringkat dan masih menunjukkan nilai yang sama seperti sebelumnya. 


Tautan berfungsi sebagai cerminan kualitas konten halaman selama itu adalah tautan alami.
Pembaruan Penguin memudahkan Google mengidentifikasi tautan buatan. 


Tautan selalu menjadi faktor peringkat penting; namun, metode mendapatkan tautan telah berkembang, terutama setelah pembaruan Penguin tiba. 


Setelah pembaruan Penguin, sekarang ada penekanan yang lebih kuat pada tautan alami, yang membuat banyak SEO di industri lebih fokus pada pemasaran konten. 


Membuat konten layak tautan dan mempromosikan konten ke dunia untuk mendapatkan pengguna yang secara alami bersedia membagikan dan menautkan ke konten yang dipromosikan. 


Tidak Semua Orang Berpikir Seperti SEO; Jangan Berlebihan Anchor Text Salah satu aspek penting dari tautan masuk yang diperhatikan oleh mesin pencari adalah teks jangkar dari suatu tautan. 


Anchor text adalah teks tautan yang dapat diklik atau teks alternatif dari gambar di tautan gambar.
 

Teks jangkar membantu memberi mesin pencari gambaran tentang topik halaman tujuan. Secara historis, ini disalahgunakan dan memungkinkan pengeboman tautan, yang hanya menggunakan frasa persis yang ingin Anda peringkatkan di semua teks jangkar tautan masuk dari ribuan halaman web, terlepas dari kualitas atau relevansi halaman.

Banyak pembaruan Google sebelumnya mengatasi masalah ini, termasuk pembaruan Penguin, di mana teks jangkar yang berfokus pada kata kunci secara berlebihan dapat tampak tidak wajar dan dapat memengaruhi peringkat secara negatif.
Sejak pembaruan Penguin, ada fokus kuat untuk memiliki teks jangkar alami di tautan masuk Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diwaspadai yang dapat membahayakan upaya membangun tautan Anda;

  • Secara alami, ketika orang menambahkan tautan pada halaman yang menuju ke situs web Anda, seringkali teks jangkar akan menjadi merek atau nama perusahaan Anda. Jadi, jika teks jangkar yang berfokus pada kata kunci Anda lebih banyak jumlahnya daripada teks jangkar bermerek Anda, ini dapat menyebabkan masalah. Yang terbaik adalah memiliki lebih banyak teks jangkar bermerek.
  • Tidak semua orang berpikiran sama, dan sangat tidak mungkin banyak orang akan menggunakan teks jangkar yang sama persis. Jika Anda terus mengoptimalkan teks jangkar yang sama ketika mencoba mendapatkan tautan dari situs lain dan itu mulai menjadi teks jangkar mayoritas dan itu bukan nama merek Anda, ini sangat tidak wajar. Penting untuk melihat beberapa keragaman dalam teks jangkar, bahkan termasuk teks jangkar umum seperti klik di sini, kunjungi di sini, situs web, dll.

Fokus Tautan Internal

Distribusikan PageRank dengan Baik ke Seluruh Situs Anda Tautan masuk adalah yang paling bermanfaat karena PageRank diteruskan dari situs lain ke situs Anda.
Semakin banyak tautan masuk yang Anda dapatkan, semakin banyak PageRank yang Anda terima.
Saat rantai tautan melompat dari satu halaman ke halaman lain, aliran PageRank menjadi semakin lemah.
Di hampir semua situs web, halaman dengan tautan masuk terbanyak adalah beranda situs. Oleh karena itu, jika halaman dalam situs Anda terlalu jauh dari beranda, PageRank akan berkurang secara signifikan sebelum mencapai halaman tersebut.
Hal ini menyebabkan halaman yang ditautkan sangat jauh dari halaman beranda memiliki peringkat yang buruk. Karena tidak semua halaman akan mendapatkan tautan masuk, tautan internal Anda harus memiliki dua tujuan;

  • Bantu pengguna menavigasi ke berbagai halaman situs Anda.
  • Bantu mesin telusur merayapi seluruh situs Anda dengan lompatan sesedikit mungkin dari halaman ke halaman.
  • Berikut adalah area umum di mana Anda akan menemukan tautan internal

    Navigasi Situs Normal Tautan yang biasanya terletak di menu bilah atas, menu bilah sisi, dan di footer yang ada di semua halaman. Ini biasanya dibangun di atas arsitektur situs Anda dan bagaimana topik dikategorikan dan disubkategorikan untuk membangun topik dan subtopik dari halaman umum ke halaman khusus.
    Halaman Terkait Bagian halaman yang menunjukkan halaman lain yang terkait dengan topik halaman. Ini bermanfaat bagi pengguna karena membantu menyarankan halaman yang mungkin dicari pengguna.
    Peta Situs Pengguna Peta situs adalah satu halaman yang menautkan ke semua halaman situs lainnya. Berdasarkan studi kegunaan, ada tiga jenis orang yang menavigasi situs mereka yang menggunakan navigasi situs biasa, mereka yang langsung menggunakan kotak telusur, dan mereka yang langsung membuka peta situs. Untuk situs yang sangat besar, peta situs bisa sangat banyak, dan dalam kasus seperti ini, peta situs mungkin hanya berisi area kategori utama dan tidak harus setiap halaman situs.
    Tautan Dalam Konten Di dalam konten halaman, tautan dapat ditambahkan ke kata-kata dalam paragraf. Ini kurang dimanfaatkan oleh banyak situs web, tetapi dalam kasus lain, ini juga dapat dioptimalkan secara berlebihan, yang dapat memiliki efek negatif pada SEO. Tautkan saja secara alami, dan pertimbangkan pengguna saat membuat tautan seperti ini.
    Meskipun kami menekankan penggunaan tautan internal dalam distribusi PageRank, selalu pastikan pengguna adalah prioritas tertinggi.
    Selalu rancang situs dan pikirkan tautan internal untuk pengguna terlebih dahulu, lalu mesin telusur kedua, dan pelajari semua praktik terbaik pada navigasi situs internal.
    Fokus Tautan Keluar Hanya Tampak Alami Selama bertahun-tahun, ahli SEO telah mengembangkan cara mereka menggunakan tautan keluar.
    Beberapa percaya bahwa tautan keluar menghilangkan PageRank, menurunkan potensinya untuk mendapatkan peringkat Selama beberapa tahun, ini mungkin benar.
    Di sinilah istilah seperti “PageRank hoarding” dan “PageRank channeling” berasal.
    Tautan keluar apa pun setara dengan kebocoran. Tetapi jika tautan keluar diperlukan untuk pengguna, Anda dapat menambahkan atribut tautan nofollow.
    Nofollow itu seperti memberi tahu mesin pencari, "jangan ikuti tautan ini dan berikan PageRank saya ke halaman itu."
    Namun, banyak praktisi SEO menyalahgunakan ini sampai Google membuat pembaruan pada tahun 2009 tentang penguapan PageRank.
    Singkatnya, penimbunan PageRank tidak berfungsi seperti dulu. Berbagai teori dan praktik terbaik bermunculan dari sini, seperti;

    • Jangan memiliki terlalu banyak tautan keluar Secara teori, seluruh alasan kebocoran PageRank masih berlaku hingga hari ini. Namun, sesekali, Anda mungkin menemukan situs dengan banyak tautan keluar, namun halaman tersebut masih berperingkat tinggi. Jadi aturan di sini hanya melakukan apa yang tampaknya masuk akal.
    • Jangan selalu nofollow semua tautan keluar Menambahkan atribut rel=nofollow ke tautan pada tag
      <a>
      memberi tahu mesin telusur untuk tidak mengkredit tautan itu untuk tujuan peringkat. Masuk akal untuk selalu menambahkan nofollow untuk menghindari kebocoran PageRank ke situs lain. Namun, berlebihan atau terlalu mengoptimalkannya tidak tampak alami, dan niatnya tampaknya benar-benar menimbun PageRank.
    • Situs berkualitas baik cenderung menautkan ke situs berkualitas baik: Memberikan tautan sama pentingnya dengan mendapatkan tautan. Situs berkualitas baik mempertahankan tingkat kualitas yang menjadikan mereka siapa mereka, dan dengan demikian jika situs ini akan menautkan ke situs lain, mereka juga akan memilih tujuan berkualitas baik. Karena ini adalah perilaku umum di situs berkualitas baik, Anda sebaiknya meniru perilaku itu untuk membantu menunjukkan sinyal ke mesin telusur bahwa Anda juga situs berkualitas baik.

    Dalam ketiga poin-poin ini, aturan mungkin tampak bertentangan.
    Tidak ada tautan keluar yang mempertahankan PageRank, tetapi tidak ada tautan sama sekali yang terlihat mencurigakan.
    Menambahkan nofollow akan membantu melestarikan PageRank. Namun, jika semua tautan adalah nofollow, mereka terlihat lebih tidak wajar.
    Kebijaksanaan konvensional mengajari kita bahwa tautan keluar membocorkan PageRank, dan itu masih berlaku sampai sekarang, tetapi disarankan untuk menautkan ke situs berkualitas baik.
    Pedoman di sini tampaknya tidak kaku dan agak fleksibel, tetapi aturan utama yang valid dan berlaku untuk semua aturan di atas adalah terlihat alami.
    Tautkan ke situs lain jika itu hal yang wajar untuk dilakukan.

    Ringkasan

    Tautan telah menjadi bagian penting dari SEO. Mereka masih. Dan sepertinya itu akan tetap penting di tahun-tahun mendatang.
    Namun, seperti banyak hal lain dalam SEO, cara pengoptimalan yang dilakukan di masa lalu jauh berbeda dibandingkan dengan cara yang dilakukan saat ini.
    saya mengklasifikasikan tautan sebagai tautan masuk, tautan keluar, dan tautan internal.

    • Tautan masuk memberikan dampak terbesar karena mereka seperti suara kepercayaan, kredibilitas, dan otoritas yang membantu dalam peringkat, tetapi penting bahwa tautan masuk ini adalah tautan alami dan berasal dari situs yang relevan dan berkualitas tinggi.
    • Tautan internal membantu mendistribusikan PageRank dari tautan masuk ke halaman lain di situs untuk membantu meningkatkan peringkat di banyak halaman lain. Selanjutnya, tautan internal tidak hanya tentang mesin pencari. Selalu layani pengguna terlebih dahulu.
    • Tautan keluar sebaiknya digunakan dengan cara yang tampak alami bagi pengguna. Menautkan ke situs berkualitas tinggi akan membantu menunjukkan tanda-tanda ini dan juga membantu mengaitkan situs Anda dengan situs berkualitas lebih tinggi. Jika ada satu tema tunggal di semua jenis tautan ini, itu adalah tautan secara alami.

    Jika terlihat buruk bagi manusia, kemungkinan besar, itu terlihat buruk bagi mesin pencari.

Next Post Previous Post