Cara Optimasi SEO Pinterest Agar Banyak Pengikut

 Cara Optimasi Pinterest

 


 

Bagi kamu pengiat media sosial ada baiknya kamu mencoba menggunakan media sosial yang satu ini yaitu pinterest. pinterest merupakan media sosial yang sangat bagus untuk digunakan di tahun 2022. 

 

selain itu pinterest juga sangat membantu pengembangan SEO search engine optimization dalam dunia digital yang dapat mendatangkan banyak pengunjung blog kamu atau bisnis yang kamu jalankan.

 

dengan adanya pinterest pengunjung blog kamu akan semakin meningkat dan pendapatan yang kamu dapatkan juga meningkat. untuk itulah mengapa saya akan membahas tentang dunia SEO Pinterest dan juga cara Optimasi Pinterest agar banyak pengikut.

 

Bagaimana Cara Memaksimalkan SEO di Pinterest

 

Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset kata kunci di pinterest hampir mirip dengan riset kata kunci di google tapi biasanya yang saya lakukan untuk riset kata kunci di pinterest dengan melihat topik apa yang sedang trending di pinterest.

 

selanjutnya ada baiknya kamu melihat kata kunci dengan mengklik kata kunci di search pinterest dengan demikian akan muncul kata kunci apa yang di pandu atau dikeluarkan oleh pinterest, hal itu menandakan kata kunci yang sedang ramai di cari oleh pengunjung pinterest.

 

 Baca Juga : Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest


dengan seperti ini kamu dapat menentukan topik apa yang sesuai dengan tulisan ataupun blog kamu dan sesuaikan dengan pin yang kamu buat.

 

jangan lupa untuk memastikan artikel atau pin mana yang memiliki traffic terbanyak agar kamu bisa meriset hal yang sama pada pin tersebut.

 

Buat Profile Yang Kaya Kata Kunci

Pastikan profile pinterest kamu menarik, gunakan kata kunci pada profile dan gambar profile yang unik yang menambah rasa penasaran pengunjung pinterest. bukan hanya konten situs web saja yang perlu kamu perbaiki. ternyata profile juga penting.

 

jangan lupa masukan url dan data blog kamu dan juga isi deskripsi atau hal mengenai diri kamu yang merujuk pada pembahasan yang akan kamu bahas di pinterest dengan begitu algoritma pinterest akan menilai kamu dengan sangat baik di mata mesin.

 

Buat Board Dengan Kata kunci Utama Dan Optimasi Deskripsinya

Board atau beranda pinterest sangat mempertimbangkan relevansi konten yang sedang kamu buat jadi usahakan board yang dibuat dengan kata kunci yang sudah di optimasi deskripsinya dengan begitu konten yang kamu buat di pinterest menjadi konten yang terorganisir dan tertarget.

 

contoh jika kamu ingi membuat konten tentang keuangan maka kamu harus membahas tentang keuangan dan memberikan gambar yang unik serta kata kunci dan deskripsi yang membahasa tentang keuangan tujuan utama nya adalah relevansi dan optimasi SEO.

 

Sisipkan Kata kunci yang ditargetkan Pada Pins

hal ini juga sangat penting untuk menyisipkan kata kunci yang tertarget pada pin yang kamu buat, kamu bisa menyisipkan kata kunci yang memang banyak dibutuhkan pengunjung pinterest tapi ingat jangan terlalu berlebihan memasang kata kunci baik itu di judul maupun di deskripsi.

 

kata kunci yang berlebihan dapat membuat pin yang kamu buat di angap menjadi spam. untuk itu seadanya saja dan tertarget.

 

jangan lupa untuk menambahkan kata kunci di gambar juga, dan beri warna gambar yang cerah serta menarik, tujuan nya untuk membuat mata pengunjung tertarik dan betah di pins yang kamu buat.

 

Buat Beberapa Gambar Berbeda Pada Postingan Yang Sama

jika kamu ingin memasukan link url yang sama ada baiknya kamu memperhatikan ini di pinterest, url yang sama dan gambar yang sama akan membuat penilaian dari pinterest sebagai spaming. 

 

usahakan kamu membuat gambar baru di pinterest dan juga judul serta deskripsi yang berbeda namun url tetap bisa kamu masukan dengan url yang lama. 

 

namu alangkah baiknya semuanya harus baru tidak boleh sama agar pengunjung kamu tidak kecewa dan ini bisa mendatangkan banyak traffic untuk blog kamu.

 

Rilis Pins Secara Konsisten

buat pins secara konsisten agar selalu mendatangkan traffic dan menambah jumlah pengikut yang banyak. kamu bisa membuat penjadwalan pins secara otomatis di pinterest.

 

untuk jumlah pins yang bagus di posting tiap hari yakni sebanyak 5 sampai 30 pins perhari dengan waktu jarak upload tidak boleh sama, ada baiknya waktu tersebut kamu jeda per satu jam.

 

perlu diketahui juga waktu terbaik untuk menjadwalkan atau memposting pins di pinterest yaitu ketika pengikut atau follower pinterest sedang aktif. kalau tidak aktif otomatis tidak akan banyak pengikut yang datang.

 

Bergabung dengan Grup Board 

ini hampir sama dengan grup yang ada di facebook grup board juga merupakan tempat untuk share pins kamu dan juga dapat menambah jumlah pengikut kamu di pinterest, jangan sampai kamu tidak melakukan hal ini. cari grup yang relevan dengan topik yang sedang kamu buat, agar kamu terlihat berkontribusi banyak di grup tersebut.

 

demikian lah pembahasan singkat saya mengenai cara optimasi pinterest agar banyak pengikut, kamu juga bisa membaca tips di bawah ini yang mungkin sangat penting agar dapat meningkatkan jumlah traffic blog kamu melalui pinterest.

 

Baca Juga :  cara meningkatkan traffic dari pinterest

Next Post Previous Post