Apa Saja Metrik Paling Penting Untuk Situs Web

Seputar SEO, jurnalseo.com

 

Ingin meningkatkan dan mengoptimalkan situs web Anda? Mengawasi metrik situs web Anda dapat membantu Anda lebih memahami seberapa baik kinerja situs web Anda. Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui apa itu metrik web, mengapa itu penting, dan metrik mana yang paling penting untuk dipantau. 

 

Apa Itu Metrik Web?

 

Metrik web mengukur kinerja situs web Anda dan memandu indikator kinerja utama Anda. Informasi ini dapat menjelaskan perilaku pengunjung situs web Anda, termasuk bagaimana mereka sampai di sana dan apa yang mereka lakukan di situs Anda. Melalui alat analisis situs web seperti Google Analytics, Anda dapat melacak metrik ini dan membuat keputusan yang pada akhirnya dapat membantu Anda membuat situs web yang lebih efektif dan mencapai tujuan pemasaran digital Anda.

 

Mengapa Anda Harus Melacak Metrik Web?

 

Untuk memahami bagaimana kinerja situs web Anda, Anda perlu melacak metrik web. Ada sejumlah metrik berguna yang dapat membantu Anda melihat laman web dan entri blog berkinerja terbaik, berapa lama pengguna bertahan di situs web Anda, dan banyak lagi. Memahami informasi ini memungkinkan Anda membuat pembaruan pengalaman pengguna ke situs web Anda yang dapat meningkatkan lalu lintas situs web secara keseluruhan, meningkatkan keterlibatan, dan lebih banyak konversi.

 

Metrik Web yang Harus Anda Lacak

 

Metrik situs web mana yang harus Anda pantau secara teratur? Berikut adalah tujuh metrik web terpenting yang harus Anda lacak: 

 

  • Jumlah Sesi
  • Durasi Sesi Rata-rata
  • Tingkat Pentalan
  • Waktu Rata-Rata di Halaman
  • Akuisisi Lalu Lintas
  • Tingkat Konversi
  • Pengunjung Baru dan Kembali

 

Jumlah Sesi

Sesi melacak semua yang dilakukan pengguna saat mereka berada di situs web Anda. Misalnya, dalam satu sesi, pengunjung situs mungkin membaca halaman "Tentang" Anda, menjelajahi toko online Anda, dan mencari kebijakan pengiriman Anda. Ketiga interaksi tersebut dihitung sebagai satu sesi pengguna. Informasi sesi memberikan wawasan tentang kebiasaan pelanggan saat mereka berkembang melalui corong situs web Anda.

 

Durasi Sesi Rata-rata

 

Durasi sesi rata-rata mengukur jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda. Sesi dimulai saat pengguna membuka halaman di situs web Anda dan berakhir saat mereka keluar dari situs web Anda. Mengetahui berapa lama orang menghabiskan waktu di situs Anda sangat membantu dalam mengukur pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dalam beberapa kasus, sesi yang lebih pendek dapat menjadi tanda bahwa pengunjung situs tidak menemukan informasi yang mereka cari. Atau mungkin situs Anda terlalu lambat, dan pengguna tidak mau menunggu. Tujuan umumnya adalah memiliki durasi sesi rata-rata 2-3 menit. 

 

Tingkat Pentalan

 

Pentalan terjadi ketika seseorang mengunjungi situs web Anda dan pergi tanpa melakukan apa pun seperti mengklik halaman lain. Rasio pentalan mengukur jumlah pentalan dibandingkan dengan jumlah total sesi, yang dapat memberi tahu Anda seberapa efektif situs Anda memberikan informasi yang dicari pengguna. Situs web yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa umumnya memiliki rasio pentalan yang lebih rendah. Tetapi ingat bahwa rasio pentalan target Anda bergantung pada tujuan situs web Anda. Jika tujuan utamanya adalah mengarahkan lalu lintas ke halaman yang berbeda dalam situs web Anda, Anda tidak menginginkan rasio pentalan yang tinggi. Namun jika kunjungan satu halaman diharapkan karena sasaran Anda adalah mengarahkan pengunjung situs ke lokasi atau halaman kontak, rasio pentalan yang tinggi mungkin normal. 

 

Waktu Rata-Rata di Halaman

 

Waktu rata-rata di halaman persis seperti yang terdengar. Ini menghitung waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna di setiap halaman di situs Anda tetapi perlu diingat bahwa ini tidak melacak waktu jika itu adalah pantulan. Metrik ini memungkinkan Anda mengidentifikasi halaman mana yang paling menarik bagi pengunjung situs. Misalnya, menggunakan metrik ini dapat membantu Anda melihat apakah pengguna tetap berada di postingan blog cukup lama untuk membacanya secara lengkap. Anda juga dapat menggunakan waktu rata-rata di halaman untuk menganalisis berapa lama pelanggan menelusuri produk dan halaman produk tertentu dalam situs web e-niaga Anda.

 

Akuisisi Lalu Lintas

 

Akuisisi lalu lintas membantu Anda memahami bagaimana pengguna mengakses situs web Anda dan bagaimana mereka menemukannya. Ini membantu Anda mengetahui apakah pengunjung datang ke situs web Anda dengan mengetikkan URL Anda ke bilah pencarian mereka, melalui pos media sosial, hasil pencarian Google, tautan dari situs web yang berbeda, kampanye email, dan banyak lagi. Penting juga untuk mengetahui apakah lalu lintas web Anda organik atau tidak yaitu, apakah pengguna menemukan situs Anda melalui hasil penelusuran organik atau melalui iklan online? Ketika Anda dapat melihat bagaimana orang menemukan situs web Anda, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran Anda. Misalnya, jika analitik mengungkapkan bahwa posting Facebook mendorong sebagian besar lalu lintas web Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah posting Facebook yang tertaut ke situs Anda. 

 

Tingkat Konversi

 

Rasio konversi melacak persentase pengguna yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan di halaman web Anda, seperti membeli produk, mengisi formulir kontak, atau mendaftar ke buletin email Anda. Apa yang dianggap sebagai rasio konversi yang berhasil bergantung pada sasaran pemasaran digital Anda, tetapi pada akhirnya, melacak metrik ini membantu Anda mempelajari apakah halaman berbasis konversi Anda mendorong hasil. Ada beberapa jenis tingkat konversi untuk dianalisis juga. Konversi pengunjung baru atau unik melacak tindakan pengunjung pertama kali, sedangkan konversi pengunjung kembali melacak tindakan orang yang kembali ke situs setelah kunjungan awal. 

 

Pengunjung Baru & Kembali

 

Terakhir, Anda harus selalu melacak jumlah pengunjung baru dan pengunjung kembali ke situs Anda. Metrik pengunjung situs web baru melacak pertumbuhan pengguna Anda dan dapat memberikan wawasan tentang apakah upaya Anda untuk meningkatkan lalu lintas, seperti kampanye kesadaran, berhasil. Tingginya jumlah pengunjung yang kembali biasanya berarti upaya Anda untuk melibatkan pengguna berhasil. Dalam kebanyakan kasus, setelah Anda menarik pengguna baru ke situs web Anda, tujuannya adalah untuk mendorong mereka mengunjungi situs web Anda lagi karena pengunjung yang kembali lebih murah untuk diperoleh, cenderung menghabiskan lebih banyak uang daripada pengunjung baru, dan berkonversi pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Next Post Previous Post