Apa Itu Social Media Listening

Digital Marketing, Jurnalseo.com

 

Meskipun memposting secara teratur ke saluran media sosial Anda dan berinteraksi dengan audiens media sosial Anda adalah penting, demikian juga meluangkan waktu untuk mendengarkan. Dengan menerapkan mendengarkan sosial ke dalam strategi pemasaran media sosial Anda, Anda dapat berdampak positif pada kehadiran online Anda dan bagaimana Anda terlibat dengan audiens Anda. 

 

Apa itu Media Social Listening?

 

Mendengarkan media sosial adalah analisis data media sosial merek untuk wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan implementasi wawasan tersebut. Ini memberikan konteks di mana merek Anda muncul di saluran sosial dan memberi Anda informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk digunakan guna meningkatkan kehadiran online Anda. 


Ini adalah praktik penting yang harus Anda mulai terapkan ke dalam strategi media sosial Anda segera setelah Anda bisa karena kemungkinan besar Anda akan kehilangan informasi penting dari pelanggan Anda.

 

Pemantauan Media Sosial vs Mendengarkan Media Sosial

 

Meskipun keduanya serupa dan sering digunakan secara bergantian penting untuk membedakan antara pemantauan sosial dan pendengaran sosial untuk lebih memahami bagaimana keduanya bekerja bersama. 


Pemantauan media sosial adalah cara lain untuk mengatakan meninjau analitik media sosial. Yaitu, mengumpulkan sebutan, keterlibatan, tayangan, dan indikator kinerja utama lainnya. Praktik ini membantu Anda memahami apa yang telah terjadi dan di mana Anda mencapai (atau melewatkan) sasaran dan tolok ukur. 


Mendengarkan sosial mengambil data ini dan bekerja untuk menjawab "mengapa" itu terjadi. Mendengarkan menganalisis data itu, menarik wawasan, dan menerapkan wawasan itu ke dalam tindakan. 


Jika yang dimonitor adalah air, tepung, dan ragi, maka listening adalah menguleni, meregangkan, dan memanggang bahan-bahan tersebut menjadi roti. Dan seperti roti yang Anda lihat di Instagram selama beberapa bulan terakhir, kemampuan mendengarkan sosial meningkat dengan latihan dan alat yang ditingkatkan. 

 

Bagaimana Mendengarkan Sosial Bekerja?

 

Dengan menerapkan mendengarkan media sosial ke dalam strategi media sosial Anda saat ini, Anda dapat meningkatkan apa yang ingin Anda capai untuk merek Anda secara online dalam beberapa cara. 

 

Kembangkan Konten yang Lebih Relevan & Menarik

 

Mendengarkan secara sosial dapat membantu Anda memahami pendapat pelanggan tentang konten Anda saat ini dan mengidentifikasi pertanyaan apa yang mereka miliki. Ini dapat mengarah pada pengembangan konten yang lebih kuat, yang dapat mengarah pada lebih banyak keterlibatan media sosial. Wawasan ini juga dapat memainkan peran penting dalam pengembangan strategi pemasaran konten Anda. 

 

Mengukur Sentimen

 

Apakah Anda meluncurkan kampanye atau produk baru? Beberapa minggu setelah ditayangkan, Anda mungkin melihat sebutan dan ulasan meningkat. Mendengarkan media sosial lebih khusus lagi, sentimen media sosial dapat membantu Anda menentukan seberapa positif percakapan itu. 


Mendengarkan media sosial juga dapat berfungsi dalam mengidentifikasi area di mana pesaing Anda berkinerja baik atau gagal. Baru-baru ini, salah satu klien kami di industri perbankan mendapat manfaat dari ini. Kami mengetahui bahwa salah satu pesaing mereka menyingkirkan rekening giro gratis karena peningkatan mendadak dalam penyebutan dan ulasan untuk pesaing itu. Dari sana, kami dapat mengembangkan pesan di sekitar rekening giro gratis klien kami.

 

Temukan Area Peluang

 

Setelah Anda mengukur sentimen, Anda dapat memanfaatkan peluang yang Anda temukan. Misalnya, Anheuser-Busch mengetahui bahwa ratusan percakapan sosial setiap bulan seputar merek Busch Light mereka menyebut produk tersebut sebagai Busch Latte. Dengan menggunakan wawasan itu, mereka meluncurkan kaleng dan merchandise edisi terbatas, membantu meningkatkan sebutan dan penjualan di media sosial. 

 

Mengidentifikasi Influencer

 

Mendengarkan sosial dapat membantu Anda mengidentifikasi influencer secara organik, yang dapat menjadi alat yang berguna dalam mengembangkan bisnis Anda. Dengan memberi Anda lebih banyak wawasan tentang influencer yang sangat selaras dengan merek Anda, Anda mungkin lebih mudah mengembangkan kemitraan daripada terus-menerus merasa seolah-olah Anda mengambil gambar dalam kegelapan.

 

Membuka Percakapan

 

Jika Anda mencoba mengalihkan kehadiran media sosial Anda dari monolog ke percakapan, mendengarkan sosial membantu. Alih-alih hanya terus-menerus menawarkan aliran posting yang stabil, mendengarkan media sosial dapat menunjukkan kepada Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk lebih sesuai dengan pelanggan Anda dan berkomunikasi dengan mereka dengan cara yang membuat mereka merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari merek, bukan hanya seorang pengamat.

 

Alat Media Sosial Listening Populer

 

Menerapkan mendengarkan sosial lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana. Untungnya, ada beberapa layanan yang tersedia untuk bisnis dari berbagai ukuran yang menyediakan alat yang Anda butuhkan untuk memahami audiens Anda dengan lebih baik! 

 

Tunas Sosial

 

Sprout Social adalah platform manajemen media sosial utama yang kami gunakan di Jurnal SEO. Ini adalah salah satu alat all-in-one terbaik untuk menerbitkan dan menjadwalkan posting, pemantauan sosial, dan mendengarkan sosial. 


Sprout membantu kami mengekstrak tren dari percakapan yang terjadi di dalam dan di sekitar klien kami dan industri mereka, yang memungkinkan kami mengembangkan konten yang lebih menarik. Hootsuite dan Falcon.io adalah opsi populer lainnya, tetapi kami menemukan Sprout lebih baik untuk kami.

 

Jaminan Sosial

 

Untuk klien di bidang perbankan dan jasa keuangan, kami menggunakan Jaminan Sosial. Alat ini memiliki fitur pemantauan dan pendengaran yang kuat, terutama untuk klien perbankan kami. Platform ini memberi tahu kami tentang merek atau pemangku kepentingan yang disebutkan di media sosial dan di seluruh web. 


Platform ini juga memiliki fitur penandaan yang memungkinkan kami untuk mengalokasikan keluhan dan postingan dengan sentimen negatif. Dari sana, ini menghasilkan laporan yang dapat kami analisis untuk tren produk dan layanan pelanggan. 

 

Kuid NetBase

 

Tahun ini, NetBase, platform analitik media sosial pemenang penghargaan, mengumumkan bahwa mereka bergabung dengan Quid, pembaca AI kontekstual yang dapat menarik makna dari konten tertulis seperti posting media sosial, berita, dan ulasan produk. 


Netbase Quid bisa dibilang platform mendengarkan sosial yang paling kuat, tetapi itu datang dengan harga premium. Dan kecuali Anda menjalankan media sosial untuk Coca-Cola, Walmart, atau Hyundai, kemungkinan itu di luar kisaran harga Anda.

Next Post Previous Post